jatimnow.com

Bahrodin, Si Penyelamat Bu Lurah Banyuwangi yang Dibuang ke Sungai

Editor : Arif Ardianto
Bahrodin Wijaya si penyelamat Bu Lurah yang dibuang ke Sungai 🔍
Bahrodin Wijaya si penyelamat Bu Lurah yang dibuang ke Sungai

jatimnow.com - Wilujeng Esti Utami, Lurah Penataban, Kecamatan Giri, Banyuwangi, selamat dari percobaan pembunuhan. Kasus itu cepat terungkap juga berkat upaya penyelamatan yang dilakukan warga kepada korban.

Bahrodin Wijaya (55), warga Dusun Sendangrejo, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, ini yang menemukan dan menyelamatkan pertama kali saat korban hanyut di sungai. Dibantu Ponimin, tetangganya, tubuh korban berhasil dibawa ke darat.

"Yakin yang saya lihat manusia, langsung saya raih dan saya bawa ke tepi. Kemudian saya tinggal untuk minta bantuan ke Pak Ponimin dan istri saya," ujar Bahrodin, ditemui Jatimnow.com di rumahnya, Rabu (1/8/2019).

Loading...

Bahrodin dan Ponimin harus menceburkan diri ke sungai agar bisa mengangkat tubuh korban ke darat. Dengan penerangan lampu senter yang dibawa istri Bahrodin, akhirnya tubuh Wilujeng bisa dievakuasi.

"Lumayan berat (tubuh korban) waktu saya evakuasi. Makanya saya minta bantuan Pak Ponimin. Saya juga butuh saksi kalau ada apa-apa," cetus pria berbadan kekar, ini.

Tak hanya mengevakuasi korban. Bahrodin juga langsung menghubungi Polsek, Koramil dan Kantor Camat setempat. Kebetulan, Bahrodin banyak kenal dengan jajaran Forpimka Bangorejo karena dia juga seorang perangkat desa.

"Alhamdulillah di HP saya banyak tersimpan nomor HP orang-orang penting disini. Jadi penanganan juga lebih cepat," jelas Bahrodin yang menjadi Wakil Kepala Dusun Sendangrejo di lingkungannya.

Berkat kesigapan Bahrodin itulah korban selamat dan identitas pelaku percobaan pembunuhan cepat diketahui dan diburu polisi. Memang, peran masyarakat menjaga lingkungannya sangat berarti bagi pihak kepolisian.

"Tadi malam saya lihat foto pelaku sudah langsung ada di HP Pak Polisi. Pelaku katanya juga sudah ditangkap," tutupnya sembari pamit untuk takziah ke salah satu warganya yang meninggal dunia.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Arif Ardianto