Pixel Code jatimnow.com

Nyaris Ambrol Jembatan di Kota Batu Ditutup

Editor : Rochman Arief Reporter : Galih Rakasiwi
Jembatan di Jalan Gunungsari Talangrejo, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ditutup warga akibat kikisan air hujan di bagian pondasi (foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Jembatan di Jalan Gunungsari Talangrejo, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ditutup warga akibat kikisan air hujan di bagian pondasi (foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Jembatan di Jalan Gunungsari Talangrejo, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, nyaris ambrol. Sebagai bentuk antisipasi, warga setempat menutup akses jalur utama guna menghindari hal-hal buruk.

Penutupan dilakukan sejak Senin (14/11/2022), atau setelah hujan dengan dengan intensitas tinggi menguyur wilayah sekitar.

Akibatnya aliran sungai meningkat hingga mengikis pondasi jembatan.

Salah satu warga mengakui melihat ada keretakan di bagian jembatan sejak tiga bulan lalu. Nah, keretakan itulah yang diduga mengikis pondasi setiap hujan turun dngan intensitas tinggi.

Baca juga:
Bangunan Sekolah di Kota Batu Rusak Akibat Tanah Gerak

"Kami tutup karena takut sewaktu-waktu ambrol dan membahayakan pengendara," ungkapnya, Rabu (16/11/2022).

Usai melakukan penutupan, pihaknya juga melaporkan kepada instansi terkait, yakni BPBD Kota batu dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Baca juga:
Intip Cara DPUPR Kota Batu Peringati Hari Bakti ke-77

Terpisah, Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan jika bangunan penahan struktur jembatan terkikis dan mengalami longsor memiliki dimensi tinggi lima meter, lebar tiga meter, panjang 6,8 meter.

"Kami bersama dinas terkait, yaitu DPUPR langsung melakukan penutupan akses jalan dan tim teknis DPUPR juga melakukan kajian untuk meminimalisir dampak kerugian yang lebih luas. Waktu dekat kita akan lakukan pembongkaran dan pembangunan kembali jembatan," tutupnya.