Pixel Code jatimnow.com

SD RW X Demak Jaya Surabaya, Potret Pendidikan di Tengah Keterbatasan

Suasana SD RW X Demak Jaya Surabaya (Foto-foto: Dok. Rama Indra/jatimnow.com)
Suasana SD RW X Demak Jaya Surabaya (Foto-foto: Dok. Rama Indra/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebuah gedung di Jalan Demak Jaya III, No. 55, Kelurahan Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya menjadi tempat bernaung, balai RW, sekolah dasar (SD) dan PAUD.

Meski SD RW X Demak Jaya Surabaya itu telah memiliki izin operasional dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sejak 2011, rasa balai RW masih kental terasa.

"Sekolah ini dari dulu sampai sekarang masih dibuat untuk kepentingan warga sekitar, walaupun toh tujuan utamanya untuk sekolah," ungkap Kepala SD RW X Demak Jaya, Winna Rahayu Wardhani saat ditemui jatimnow.com pada Selasa (15/11/22) lalu.

Suasana di SD itu terlihat sepi, lantaran jumlah siswa tidak mencapai 100 kepala.

"Jumlah siswa ada 60. Meskipun terhitung sedikit, gedung sekolah tidak dapat menampung jumlah keseluruhan siswa, sehingga jadwal masuk siswa terpaksa kita bagi dua sift," terang Winna.

Menurutnya, di sekolah itu hanya tersedia tiga ruang kelas. Sehingga kegiatan belajar mengajar dalam 6 hari dijadwal menjadi dua sift setiap harinya. Tiga tingkatan kelas masuk pagi, dan tiga tingkatan selanjutnya masuk siang.

Mekipun demikian, semangat mengajar terpancar dari para guru, yang berjumlah 9 orang. Begitu pula dengan siswanya.

Apalagi, biaya pendidikan di SD ini gratis. Kecuali untuk keperluan seragam dan peralatan tulis.

"Tujuan sekolah ini kita fokuskan kepada mereka anak-anak putus sekolah atau anak yang berasal dari keluarga kurang mampu atau MBR (masyarakat berpenghasilan rendah)," papar Winna.

Di tengah keterbatasan sarana dan prasarana, Winna berharap agar orangtua wali siswa turut memperhatikan perkembangan anaknya.

"Kita tekankan kepada guru-guru agar terus menjalin komunikasi baik kepada orangtua siswa. Begitupun sebaliknya, orangtua siswa melaporkan perkembangan anaknya," tuturnya.

Diketahui, SD RW X Demak Jaya dalam langkah mengelola keuangan sekolah untuk sarana dan prasarana, selama ini dibantu dana dari pemerintah pusat dan pemerintah kota hingga pemerhati pendidikan.

Sedangkan bangunan tersebut sudah berdiri sejak 26 Juni 1981 dengan status kepemilikan Yayasan Pendidikan Raden Wijaya 10.