Pixel Code jatimnow.com

Truk Tabrak Kantor Polsek Diwek, Diduga Sopir Lelah

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Kondisi kantor Polsek Diwek usai diseruduk truk. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Kondisi kantor Polsek Diwek usai diseruduk truk. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sopir dump truck atas nama Riza Jalaludin (46) warga, Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro diamankan polisi.

Ia mengemudikan truk menabrak kantor Polsek Diwek Jombang dan pengendara motor

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat menjelaskan berdasarkan dari keterangan awal yang digali petugas dari sopir truk, diketahui ia mengemudikan truknya dari Bojonegoro ke Pare Kediri untuk memuat batu koral.

"Dari Bojonegoro yang bersangkutan ini adalah perjalanan yang kedua. Dari Bojonegoro ke Pare, terus nyampe Bojonegoro jam 3 subuh, berangkat lagi menuju ke Pare untuk mengangkut yang kedua," ungkapnya, Kamis (17/11/2022).

Karena ini perjalanan bolak balik Bojonegoro ke Pare, tanpa istirahat, diduga sang sopir ini mengalami kelelahan.

"Bisa jadi ini ada faktor kelelahan," ujarnya.

Selain itu, Kapolres menyebut seusai hasil pemeriksaan terhadap saksi-saksi di sekitar lokasi, diketahui bahwa truk ini menyalip beberapa kendaraan di depannya.

"Yang bersangkutan itu menyalip atau mengambil jalur yang dimana markanya itu sudah dilarang. Atau jalur marka lurus. Seharusnya yang bersangkutan tidak boleh mendahului karena itu jalur marka lurus," paparnya.

Kapolres mengatakan jalur marka lurus ini dibuat lantaran ada tikungan yang cukup tajam, sehingga para pengguna jalan tidak diperbolehkan mendahului.

Baca juga:
Truk Seruduk Polsek Diwek Jombang, Polisi Beber Kondisi dan Nama Korban

"Bahwa ini adalah jalan tikungan, harusnya para pengemudi memperhatikan marka jalan yang sudah diterapkan oleh aparat," tegasnya.

Ia menjelaskan, terkait kecepatan tinggi, nantinya menunggu hasil olah TKP yang dilakukan oleh petugas unit laka Satlantas Polres Jombang.

"Untuk faktor kecepatan kita nanti akan minta laporan dari Unit Laka. Dan juga keterangan dari sopir. Termasuk keterangan para saksi. Dan nanti kita laporkan kembali pada teman-teman," paparnya.

Baca juga:
Seruduk Tiga Toko, Truk Muatan Bubuk Cabai Terguling di Raya Jati Sidoarjo

Kapolres mengatakan akibat peristiwa ini, kantor seksi Samapta Polsek Diwek, mengalami kerusakan.

"Kerugian sementara kami ada kerusakan bangunan, tembok, karena benturan terlalu keras. Dan kita akan kalkulasi. Selain itu juga ada kendaraan dinas Bhabinkamtibmas kami, yang sedang terparkir juga rusak berat," ucapnya.

Ia menjelaskan jika semua kendaraan yang terlibat laka lantas dievakuasi ke kantor Satlantas Polres Jombang.

"Total ada satu truk, dan 3 kendaraan yang kita evakuasi untuk dijadikan barang bukti," pungkasnya.