Pixel Code jatimnow.com

Belanda vs Senegal: Sama-sama Buta Kekuatan

Editor : Rochman Arief
Van Dijk menjadi tumpuan lini belakang Belanda menahan gempuran Senegal di laga kedua Grup B. (foto: KNVB)
Van Dijk menjadi tumpuan lini belakang Belanda menahan gempuran Senegal di laga kedua Grup B. (foto: KNVB)

jatimnow.com - Batalnya Sadio Mane tampil di Piala Dunia 2002 Qatar menjadi pukulan telak bagi Senegal. Mane selama ini dijadikan kartu As Senegal di berbagai turnamen.

Satu bukti adalah keberhasilan Senegal merebut Piala Afrika lalu. Kontribusi besarnya sanggup mengalahkan Mesir di partai puncak.

Absennya Mane bukan membuat Senegal ompong. Lini depan masih memiliki Ismaila Saar yang selama ini menjadi tumpuan, Watford. Dua pemain lain yang bisa menjadi kekuatan lini tengah adalah Pape Sarr dan Idrissa Guaye.

Nah menghadapi tim sekelas Belanda di Stadion Al Thumama, Doha, Senin (21/11), pukul 23.00 WIB, merupaman pekerjaan berat bagi Senegal. Masalahnya lini serang mereka tereduksi dan harus mengandalkan serangan balik cepat. 

Terlebih pasukan Louis van Gaal itu dihuni pemain-pemain top. Mulai dari penjaga gawang hingga lini depan dihuni pemain bintang-bintang dari tim top Eropa. 

Nathan Ake, Matthijs de Ligt, Virgil Van Dijk Frenkie de Jong, Xavi Simons, Memphis Depay, Denzel Dumfries, Luuk de Jong, hingga Cody Gakpo merupakan tulang punggung tim-tim besar di Eropa.

Baca juga:
Yuk Kepo Rahasia Kesehatan Kulit Ronaldo, Mencengangkan

Menumpuknya pemain bintang ini tidak membuat pusing pelatih Louis van Gaal. Ia mengaku sudah memliki rencana seperti yang ia tunjukkan kala melabrak Wales. Namun itupun bukan jaminan diaplikasikan di laga nanti malam.

“Saya cukup yakin dengan pilihan saya, untuk saat ini saya tidak akan memberi tahu Anda (jurnalis),” kata van Gaal dikutip De Telegraf kepada Football Oranje.

Pada dasarnya kedua tim belum pernah berjumpa. Namun beberapa pemain yang merumput di Liga Inggris sudah saling mengetahui kekuatan.

Baca juga:
10 Tempat Nongkrong di Surabaya Sediakan Nobar Piala Dunia 2022

Prediksi Susunan Pemain:

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Fode Ballo-Toure, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Pape Sarr; Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Krepin Diatta.

Belanda (4-3-3): Justin Bijlow; Daley Blind, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Denzel Dumfries; Cody Gakpo, Frenkie de Jong, Xavi Simons; Steven Bergwijn, Vincent Janssen, Steven Berghuis.