Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Pasuruan Launching Aplikasi Pasuruan Book's Of Digital

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat melaunching Aplikasi Pasuruan Book's Of Digital (Foto: Pemkot Pasuruan)
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat melaunching Aplikasi Pasuruan Book's Of Digital (Foto: Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melaunching Aplikasi Pasuruan Book's Of Digital sebagai apresiasi para pegiat literasi, baik siswa sekolah dan masyarakat.

Aplikasi ini untuk meningkatkan kegemaran membaca sekaligus memperkenalkan minat baca dengan menggunakan teknologi. Launching digelar di Halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Pasuruan pada Rabu (23/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul juga menyerahkan hadiah bagi sekolah-sekolah berprestasi. Dia menyampaikan, kantor perpustakaan saat ini jauh lebih bersih dibanding sebelumnya.

"Ini adalah contoh untuk kantor pemerintahan yang jauh lebih indah dan nyaman. Saat ini Dinas Perpustakaan dan Arsip lebih nyaman, karena pada saat saya masuk tadi sudah berbeda dan saya berikan rasa hormat," ungkap Gus Ipul dalam siaran pers yang diterima jatimnow.com, Kamis (24/11/2022).

Gus ipul menuturkan bahwa Kantor Perpustakaan dan Arsip perlu pembenahan lagi, khususnya Depo Perpustakaan agar bisa difungsikan. Sehingga ada kemudahan dalam menata bagian luar dan dalam kantor.

Kantor perpustakaan yang fungsinya sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak, seharusnya tidak sekedar menjadi tempat membaca segala literasi, tapi juga menjadi tempat pendidikan yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.

Bagi Gus Ipul, literasi merupakan kemampuan seseorang memahami, membaca, menulis kemudian memecahkan masalah di tingkat tertentu.

"Kemampuan ini yang diajak literasi, jadi pemahamannya, kemampuan membaca, menulis kemudian memecahkan semua masalah yang dihadapi dan mampu memanfaatkan apa yang dimiliki untuk kebaikan dirinya sendiri maupun kebaikan orang lain," papar dia.

Baca juga:
Fatma Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Menurut Gus Ipul, mengajak literasi itu ada pengantarnya, di antaranya suasananya yang nyaman setelah itu baru menyampaikan pesan-pesan.

Pengelola perpustakaan juga harus bertransformasi dengan teknologi terbaru, sehingga bisa menawarkan sesuatu yang bernilai lebih yang ditawarkan pada masyarakat khususnya pada anak-anak.

"Harus disadari adanya transformasi bisa diskenario dengan tahapan yang jelas di bidang tata kelola perpustakaan. Ke depan arsip semakin kecil karena teknologi. Sehingga masyarakat yang ke sini akan mempunyai nilai lebih," ujarnya.

Gus Ipul berharap Dinas Perpustakaan dan Arsip harus bekerja sama dan kolaborasi bersama perangkat daerah. Salah satunya dengan Disperindag dan UMKM untuk layanan produk produk UMKM atau kerajinan produk Kota Pasuruan agar mewarnai loby perpustakaan.

Baca juga:
Hore, Warga Kota Pasuruan Dapat Bantuan STB Gratis

"Jadi semua tempat bisa menjadi promosi bagi produk produk UMKM Kota Pasuruan," pungkasnya.

Selain launching dan penyerahan hadiah untuk sekolah berprestasi, acara tersebut juga diisi pertunjukan cerita anak, musik dan pencak silat mancilan.