Pixel Code jatimnow.com

3 Ruko di Pasar Bandung Tulungagung Terbakar, Dampaknya Begini

Editor : Rochman Arief Reporter : Bramanta Pamungkas
Petugas saat melakukan memadamkan kobaran api di ruko Pasar Bandung, Tulungagung. (foto: Polres Tulungagung for jatimnow.com)
Petugas saat melakukan memadamkan kobaran api di ruko Pasar Bandung, Tulungagung. (foto: Polres Tulungagung for jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak tiga ruko di Pasar Bandung, Kabupaten Tulungagung, ludes dilalap Si Jago Merah. Kebakaran yang terjadi pada Minggu (27/11/2022) dini hari tadi ini dengan cepat membesar.

Sebab di dalam ruko cukup banyak material yang mudah terbakar, sehingga kobaran api cepat membesar. Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api tersebut

Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Mohammad Anshori mengatakan peristiwa ruko terbakar ini terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Kebakaran ini bermula dari salah satu toko kelontong di pasar tersebut.

Banyaknya benda yang mudah terbakar seperti kardus dan kayu yang tersimpan di dalam toko, membuat api cepat membesar dan merembet di dua kios yang berada di samping kiri dan kanan.

"Api berasal dari sebuah toko kelontong dan merembet ke ruko yang ada di sisi kanan kirinya," ujarnya, Minggu (27/11/2022).

Polisi yang menerima laporan langsung menghubungi tim pemadam kebakaran. Tak lama kemudian, empat unit mobil milik damkar tiba dan langsung melakukan upaya pemadaman.

Baca juga:
Rumah di Gresik Hangus Terbakar saat Pemiliknya Pergi ke Sawah

Hal ini dilakukan untuk mencegah kobaran api merembet ke kios dan ruko lainnya. Sekira pukul 03.00 WIB, api bisa dipadamkan.

"Total terdapat tiga ruko yang terbakar dalam kejadian ini," terangnya.

Dari hasil olah TKP, diduga kuat kebaran ini dipicu adanya arus pendek atau korsleting di toko kelontong. Korsleting ini menyebabkan percikan api dan membakar sejumlah barang di toko tersebut.

Baca juga:
Truk Pengangkut Tabung Gas Terbakar di Sumenep

Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa kebakaran ini. Namun kerugian kebakaran di tiga ruko ini ditaksir mencapai Rp300 juta.

"Benda dalam toko yang terbakar rata-rata barang kebutuhan pokok, kerugian ditaksir Rp300 juta," pungkasnya.