10.200 Aparat Gabungan Amankan Gelaran Asian Games di Jabar

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Ilustrasi apel pengamanan/dok.jatimnow.com

jatimnow.com - Sebanyak 10.200 personel gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, serta unsur kedinasan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Asian Games Jakarta-Palembang yang digelar di Jawa Barat.

"Ini merupakan momentum yang baik dalam mempromosikan Indonesia di dunia internasional. Untuk itu, mari sama-sama jaga keamanan saat penyelenggaraan Asian Games," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat memimpin apel pasukan di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (3/8/2018).

Agung merinci, sebanyak 10.200 personel itu terdiri atas 1.400 personel TNI, 7.500 personel Polri, dan sisanya berasal dari dinas seperti Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan Basarnas.

Menurut dia, suasana aman dan kondusif selama penyelenggaraan Asian Games akan berdampak positif bagi Jawa Barat khususnya Indonesia. Terlebih, saat itu pandangan dunia akan tertuju ke Indonesia.

"Saya imbau juga masyarakat Jabar untuk jadi tuan rumah yang ramah dan bertanggung jawab sehingga nama Indonesia diperhitungkan di dunia internasional," katanya.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Polda Jabar bersama pemerintah daerah agar penyelenggaran berjalan lancar antara lain peninjauan kesiapan venue, pengecekan kesiapan personel, pelatihan bahasa Inggris bagi petugas kepolisian, serta penindakan kejahatan jalanan.

"Arahan saya pertama landasi setiap tugas dengan kesadaran dan keiklasan, kedua kedepankan pendekatan preventif, dan penegakan hukum dengan tegas dan terukur," kata dia.

Terdapat lima cabang olah raga yang akan dipertandingkan di sejumlah venue di Jawa Barat, yakni sepak bola, paragliding, sepeda gunung, road race, dan kano slalom.

Untuk sepak bola, ada empat stadion yang disiapkan, yakni Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor.

Paragliding dilaksanakan di Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, kano slalom di Bendung Rentang Kabupaten Majalengka, mountanin bike dan road race di Kabupaten Subang.

Sumber: Antara
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter