Pixel Code jatimnow.com

Gresik Movie Gelar Program Sapa Sinema hingga Pulau Bawean

Editor : Rochman Arief Reporter : Sahlul Fahmi
Bambang Setiawan. (foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Bambang Setiawan. (foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komunitas Gresik Movie terus berkarya untuk memperkenalkan keragaman budaya lokal. Kali ini komunitas yang bediri sejak 2011 tersebut menggagas program Sapa Sinema 2022.

Dalam program ini, komunitas Gresik Movie akan berkeliling di empat kecamatan di Kabupaten Gresik, yang meliputi Kecamatan Wringinanom dan Kecamatan Panceng.

Sementara dua kecamatan lain terdapat di Pulau Bawean, yang masing-masing di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Adapun pelaksanaannya mulai 14 Desember hingga 28 Januari 2023.

Ketua pelaksana Sapa Sinema, Bambang Setiawan menjelaskan dalam program ini pihaknya telah memilih delapan judul film dengan kategori fiksi, dokumenter, serta animasi untuk diputar di empat kecamatan di Gresik.

"Film yang akan kami putra nantinya adalah karya film maker dari berbagai daerah yang sebelumnya telah dikurasi," kata Bambang Setiawan, Sabtu (26/11/2022).

Adapun judul delapan film meliputi Diponegoro (sutradara Gata Mahardhika), The Secret Club of Sinners (Haris Yuliyanto), Terciduk (Alan D.W), Di Sela Garis Yang Tak Tertulis (Alam Alghifari), May be Someday Another Day But Today (Bihar), Kiamat Sampah (Enggar Asfinsani), Ruwina (Ayuning Tyas Muji Rahayu), dan Gemintang (Irfan Akbar Prawiro).

Baca juga:
FOTO: Tari Damar Kurung Sanggar Seni Nyai Ageng Pinatih Gresik

Dalam pemutarannya, delapan film ini tidak diputar sekaligus. Namun film yang diputar disesuaikan dengan karakteristik budaya sosial masyarakat di wilayah yang menjadi lokasi pemutaran film.

"Misal pemutaran di Pulau Bawean, maka film yang akan kami putar adalah film yang memiliki kesamaan karakter budaya dengan masyarakat setempat," ucapnya.

Bambang berharap selain memperkenalkan karya-karya film maker muda yang memiliki semangat mengangkat budaya lokal dari berbagai daerah, proggam Sapa Sinema ini juga dapat membantu geliat ekonomi kerakyatan.

Baca juga:
Gus Yani Lantik Dewan Kebudayaan Gresik, Seniman Wajib Lakukan Ini

"Saat acara pemutaran film kami juga bersinergi dengan pelaku UMKM setempat untuk menggelar bazar," ujar Bambang.

Sebagai informasi, Gresik Movie adalah peserta program Dana Abadi Kebudayaan tahun 2022, atau Dana Indonesiana, yang dikelola Kemendikburistek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dalam kategori Sinema Mikro.