Pixel Code jatimnow.com

Melihat Keseruan Anak-anak Mengikuti Lomba Pushbike Piala Wali Kota Mojokerto

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) bersama anak-anak atlet pushbike (Foto-foto: Nor for jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) bersama anak-anak atlet pushbike (Foto-foto: Nor for jatimnow.com)

jatimnow.com - 200 anak-anak mengikuti lomba pushbike Piala Wali Kota Mojokerto yang diselenggarakan Pemkot Mojokerto berkolaborasi dengan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) kota setempat.

Perlombaan pushbike anak-anak ini bertujuan untuk pembinaan, mengembangkan kemampuan dan yang paling utama mencari bibit atlet pesepeda sejak usia dini. Pushbike Piala Wali Kota Mojokerto berisi 12 kategori yang diperlombakan.

Ketua ISSI Kota Mojokerto, Agung Moeljono Soebagijo mengatakan, ada 24 peserta dari Kota Onde-onde dan dari luar daerah seperti Malang, Surabaya, Kediri, Yogyakarta, Jawa Tengah hingga Balikpapan. Rata-rata peserta pushbike adalah anak sekolah PAUD hingga kelas IV SD kelahiran Tahun 2012 sampai 2020.

"Pushbike anak ini kan untuk pembinaan usia dini dalam cabang olahraga balap sepeda. Jadi ini kita memulai karena ISSI baru terbentuk Oktober kemarin event awal kita melaksanakan balap sepeda pushbike dimulai dari usia dini," ungkap Agung, Minggu (27/11/2022).

Dia menambahkan, atlet berbakat pushbike bisa dikembangkan ke kejuaraan balap sepeda, di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Setelah itu kita konsentrasikan untuk Porprov karena cabang balap sepeda merupakan usia pembinaannya itu paling muda sendiri daripada cabor lainnya. Jadi kita persiapan nanti (atlet-atlet) kelas V sudah masuk Porprov," terang Agung.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto ini menyebut, pushbike merupakan bentuk dukungan dari pemda untuk memunculkan bibit atlet berprestasi di cabang balap sepeda.

"Ya kita bersiapan untuk Porprov 2023 dam pushbike ini pertama kalinya di Kota Mojokerto. Nantinya kita bekerjasama lintas sektoral dinas pariwisata dan swasta untuk menunjang event-event ini bisa jadi agenda tahunan," tukasnya.

Sementara Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) mengapresiasi atas antusiasme banyak peserta dari luar daerah yang datang untuk mengikuti pushbike anak-anak di Basement parkir Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada.

"Para orangtua dari atlet luar biasa jauh-jauh datang dari berbagai daerah untuk mengikuti agenda Pushbike 2022 yang diselenggarakan di Kota Mojokerto," jelas Ning Ita.

Ning Ita mengungkapkan, kegiatan pushbike ini membuatnya terkesima lantaran melihat antusiasme 200 peserta dari berbagai daerah tersebut.

"Antusiasme luar biasa 200 peserta dari berbagai daerah dan betul sekali membuat saya sangat terkesima ternyata olahraga seperti ini diikuti anak-anak Tahun 2020, artinya usianya belum genap 3 tahun ini sebagai seorang ibu ini luar biasa," pungkasnya.