Polisi Belum Ada Hasil, Pertamina Sebut Kebakaran dari Dispenser Solar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter:

Petugas kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara di SPBU SIER usai kebakaran, Kamis (8/3/2018) kemarin.

jatimnow.com - Teka-teki penyebab kebakaran yang melanda SPBU SIER, Brebek Industri Waru, Sidoarjo, Kamis (8/3/2018) masih belum terjawab.

Tim Inafis Polresta Sidoarjo dan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim, hingga kini masih melakukan penyelidikan terkait dengan hal itu.

Sejumlah barang bukti diamankan mereka untuk diselidiki. Hal itu dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti ledakan yang menyebabkan kebakaran hebat di SPBU itu.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan menunggu hasil labfor dari Polda Jatim," kata Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris, Jumat (9/3/2018).

Harris menyebut, sejumlah barang yang dibawa oleh Tim Inafis Polresta Sidoarjo antara lain sejumlah benda milik korban, baik korban tewas maupun luka bakar. Benda itu seperti tas dan identitas korban luka bakar serta benda-benda lainnya.

"Sedangkan Tim Labfor Polda Jatim, mengamankan beberapa kabel dari sekring truk yang memuat tabung gas yang meledak kemarin," bebernya.

Harris menambahkan, selain menunggu hasil Labfor dan analisis tim, pengumpulan keterangan saksi-saksi juga masih dalam proses. Bahkan, pihaknya juga merencanakan akan mendatangi lagi SPBU yang terbakar tersebut.

"Lihat situasi dan kondisinya. Tapi sudah kami jadwalkan untuk ke sana lagi. Tentu untuk mencari pentunjuk baru, barangkali ada," sambungnya.

Selain itu, Satreskrim Polresta Sidoarjo juga akan melihat kembali kondisi tiga korban luka bakar yang hingga saat ini masih dirawat intensif di RS Royal Rungkut Surabaya.

Ketiga korban luka bakar itu, dua diantaranya adalah operator SPBU pengisi BBM ke tangki truk yang meledak, serta sopir truk tersebut.

"Kami masih terus bekerja untuk mengungkap kasus ini," pungkas mantan Kapolsek Simokerto Surabaya ini.

Meskipun polisi belum mendapatkan hasil atas penyebab kebakaran SPBU itu, namun temuan berbeda justru sudah diungkapkan oleh pihak Pertamina.

Sebelumnya, Unit Manager Communication and CSR, Rifky Rakhman Yusuf, Kamis (8/3/2018) kemarin, sudah mengeluarkan pernyataan atas asal muasal munculnya api, yang membakar SPBU SIER, Berbek, Sidoarjo.

“Api muncul dari dispenser solar di SPBU. Lalu segera ditanggapi pihak SPBU dengan laporan ke dinas kebakaran dan dengan bantuan dari mobil dinas pemadam kebakaran, api berhasil ditangani dengan cepat,” jelas Rifky dalam siaran persnya yang diterima jatimnow.com, Kamis (8/3/2018).

Reporter: Narendra Bakrie

Editor: Erwin Y


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter