Pixel Code jatimnow.com

Trenggalek Raih Penghargaan Peningkatan Indeks Daya Saing Digital Daerah

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat menerima penghargaan (Foto-foto: Kominfo Trenggalek)
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) saat menerima penghargaan (Foto-foto: Kominfo Trenggalek)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek kembali meraih penghargaan tingkat nasional.

Penghargaan kali ini datang dari Katadata Insight Center (KIC) dan East Ventures, perusahaan venture capital, pelopor investasi startup teknologi di seluruh bidang dalam kategori Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan.

Penghargaan EV-DCI ini diberikan dalam ajang Regional Summit yang merupakan event tahunan dari Katadata.

Event ini telah berjalan sejak 2020 dan ditujukan mempertemukan para stakeholder, di tingkat pemerintah pusat dan daerah, pelaku bisnis dan civil society untuk berkolaborasi mewujudkan tujuan pembangunan daerah berkelanjutan.

Terdapat 6 provinsi dan 21 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan peraih pertumbuhan indeks tertinggi dalam EV-DCI 2022, salah satunya adalah Trenggalek.

EV-DCI merupakan pemetaan daya saing digital daerah yang dibentuk dari 3 sub-indeks, 9 pilar, dan 50 indikator. Sub-indeks pembentuknya adalah input, output, dan penunjang.

Adapun pilar pembentuknya, yaitu sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pengeluaran TIK, perekonomian, kewirausahaan dan produktivitas. Selanjutya, ketenagakerjaan, infrastruktur, keuangan dan regulasi dan kapasitas pemerintah daerah.

CEO & Co-founder Katadata Indonesia, Metta Dharmasaputra mengatakan, EastVentures Digital Competitiveness Index yang menjadi dasar penilaian penghargaan ini dihasilkan setiap tahun oleh East Ventures bekerjasama dengan Katadata Insights Center (KIC).

Baca juga:
Novita Terima Endorse Gratis Demi Kemajuan UMKM di Trenggalek

EastVentures adalah sebuah perusahaan modal ventura terkemuka di Asia Tenggara yang sudah berinvestasi di ratusan perusahaan rintisan teknologi (startup) di Indonesia dan sejumlah negara.

Adapun KIC merupakan unit bisnis Katadata yang bergerak di bidang riset, analisis dan survei, dengan salah satu fokusnya pada isu keberlanjutan.

"Untuk melakukan survei, kami baru saja meluncurkan Kurious, sebuah platform survei yang menjangkau wilayah di seluruh Indonesia. Terkait isu keberlanjutan, setiap tahun Katadata pun mengadakan event Sustainability Action for the Future Economy (SAFE), yang tahun depan memasuki tahun keempat," ujarnya, Jumat (2/12/2022).

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) mengaku sangat senang dengan capaian tersebut. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh jajarannya mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Trenggalek sendiri bersaing dengan Kabupayen Bandung dan Klungkung sebagai tiga terbaik di Indonesia untuk kategori Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan.

Baca juga:
Melihat dari Dekat Hunian Tetap Bagi Warga Terdampak Bencana di Trenggalek

"Beberapa program yang telah kita lakukan alhamdulillah mendapat apresiasi," tuturnya.

Menurut Mas Ipin, terdapat beberapa penilaian yang dilakukan. Penilaian berdasarkan empat pilar, yakni lingkungan lestai, ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial dan tata kelola berkelanjutan.

"Yang kita lakukan tentu masih jauh dari kata sempurna dan memuaskan apa yang kita kerjakan bersama, tapi kita harus yakin pada progres," pungkasnya.