Pixel Code jatimnow.com

Nama Moeldoko Masuk Daftar Kandidat Capres 2024

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (Foto: Dok. jatimnow.com)
Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Lembaga survei Political Statistic (Polstat) merilis hasil survei mereka. Hasil survei yang dilakukan pada November 2022, nama Moeldoko masuk dalam daftar calon presiden (capres) 2024.

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mendapat perhatian cukup signifikan dari publik dalam survei Polstat tersebut.

Nama Moeldoko muncul saat responden ditanya di antara para menteri kabinet Jokowi, yang paling layak sebagai presiden pada 2024. Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih mendapatkan suara terbanyak 30,9 persen.

"Pada posisi kedua, nama Moeldoko muncul dengan suara 14,7 persen. Nama lain pada posisi ketiga adalah Panglima TNI Andika Perkasa (11,2%), disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (10,9%), lalu Mahfud MD (7,1%)," ujar Peneliti Riset Polstat, Apna Permana, Jumat (2/12/2022).

Baca juga:
Prabowo Dijamu Makan Malam Menantu Jokowi, Menunya Pilpres 2024?

Hasil survei Political Statistic (Polstat) - (Foto: Polstat)Hasil survei Political Statistic (Polstat) - (Foto: Polstat)

Dalam survei, Polstat juga bertanya pada responden terhadap semua nama kandidat seandainya saat ini dilaksanakan pemilihan presiden, siapa yang dipilih. Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo masih menempati posisi tertinggi dengan 24,5% dan 23,8%.

Baca juga:
Demokrat Ajak NasDem dan PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan

"Disusul Anies Baswedan (22,4%), Ridwan Kamil (7,5%), dan Moeldoko (4,2%). Survei Polstat ini dilakukan pada periode 6 hingga 14 November 2022. Survei mengambil sampel 1200 responden yang tersebar di 34 propinsi," beber dia.

Teknik pemilihan responden dilakukan secara systemic-random sampling dengan margin eror +/- 2,84 persen. Sehingga tingkat kepercayaannya 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancana melalui telepon dengan pedomen kuesioner.