Pixel Code jatimnow.com

Wow! Anak Istimewa Bojonegoro Unjuk Kebolehan HDI 2022

Editor : Rochman Arief Reporter : Misbahul Munir
Sejumlah penyandang tuna wicara saat pentas pantomim (misbahul munir / jatimnow.com)
Sejumlah penyandang tuna wicara saat pentas pantomim (misbahul munir / jatimnow.com)

Jatimnow.com - Sejumlah siswa dari sekolah luar biasa (SLB) Putra Harapan Bojonegoro unjuk kemampuan dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 yang jatuh pada 3 Desember.

Kegiatan yang dilangsungkan anak-anak istimewa ini dibarengkan dengan car free day (CFD) di alun-alun Bojonegoro, Minggu (3/12/2022) pagi.

Acara makin meriah ketika sejumlah siswa istimewa itu menampilkan kebolehannya di bidang tarik suara, seni tari, pantomim hingga fesionshow. Pelajar istimewa ini begitu semangat dangan wajah seringah untuk menampilkan kemampuan terbaiknya.

"Acara ini adalah agenda tahunan yang biasa dilaksanakan dalam rangka peringatan hari disabilitas nasional, selama pandemi kemarin sempat vakum dua tahun, dan tahun ini kembali dilakukan," kata Kepala sekolah SLB Putra Harapan Febrina Dyah Artanti.

Ia menambahkan jika peringatan HDI 2022 ini mengusung tema 'Solusi Transformatif untuk Pembangunan Inklusif: Peran Inovasi dan Mendorong Dunia yang Dapat Diakses Adil'.

Sebelum kegiatan ini dilangsungkan, terlebih dahulu dilaksanakan jalan sehat dan senam bersama.

Siha keyboardis tunanetra dan Azmi penyandang autis saat memainkan lagu Bintang di Surga. (foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)Siha keyboardis tunanetra dan Azmi penyandang autis saat memainkan lagu Bintang di Surga. (foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Baca juga:
50 Kursi Parlemen Bojonegoro Bakal Diperebutkan di Pemilu 2024, Berapa Dapil?

Selain memperingati hari disabilitas, lanjut Febriana, kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat Bojonegoro bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus mampu berprestasi seperti anak pada umumnya.

Ia juga mengungkapkan siswa SLB Putra Harapan juga mampu berprestasi. Ia menyebut salah satu siswanya, bernama Siha.

Siha merupakan siswa tunanetra yang mampu juara 3 lomba catur kategori umum pada kejuaraan Bupati Cup 2022. Selain itu, Siha juga piawai memaikan keyboard.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Bojonegoro bahwa anak dengan berkebutuhan khusus memiliki kelebihan, memilik sesuatu yang spesial, dan mampu untuk mandiri tanpa diskriminasi," pangkasnya.

Baca juga:
Belasan Ribu Warga Nahdliyin Bojonegoro Hadiri Peringatan 1 Abad NU di Sidoarjo

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat sehingga tidak ada lagi diskriminasi terhadap anak dengan kebutuhan khusus.

Sekadar diketahui pada kegiatan ini dihadiri seluruh komite sekolah SLB Putra Harapan, guru, dan 135 siswa yang didampingi wali murid.