Pixel Codejatimnow.com

Golkar Jatim Bangun Posko Kemanusiaan untuk Korban Erupsi Semeru

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Kondisi terkini pascabanjir lahar dingin Semeru (Foto: SAR Surabaya/jatimnow.com)
Kondisi terkini pascabanjir lahar dingin Semeru (Foto: SAR Surabaya/jatimnow.com)

jatimnow.com - Golkar Jatim membuka posko kemanusiaan di Kabupaten Lumajang untuk membantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

Ketua Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji mengatakan pihaknya sudah meminta pengurus Golkar Kabupaten Lumajang untuk segera memberi bantuan pada warga terdampak erupsi Gunung Semeru..

"Selain membuka posko, saya sudah perintahkan untuk mendata apa saja yang diperlukan warga jika dilakukan evakuasi dan pengungsian massal bagi warga terdampak erupsi," ucap Sarmuji, Senin (5/12/2022).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini seiring dilakukan pendataan, pihaknya tengah mengirimkan beberapa bantuan untuk masyarakat terdampak erupsi tahap pertama.

"Secepatnya Golkar Jawa Timur dan jajaran mengirimkan bantuan ke sana," jelasnya.

Hal yang sama, sebelumnya juga telah dilakukan oleh Pemprov Jatim melalui BPBD. Di sana, BPBD telah menerjunkan beberapa personil dan kendaraan untuk membantu proses evakuasi warga.

Baca juga:
Golkar Siapkan Mantu Pakde Karwo Lawan Eri-Armuji di Pilwali Surabaya 2024

Kalaksa BPBD Jawa Timur Gatot Soebroto mengatakan, pihaknya telah mengirim bantuan logistik berupa makanan dan pakaian kepada korban erupsi gunung semeru kemarin malam.

Kendaraan yang diterjunkan pun meliputi 1 truk serbaguna/personel, 1 pikapp serbaguna/personel (L300), 1 mobil ranger dan 1 mobil dinas operasional. Total, Tim Advance yang diterjunkan pertama kali oleh BPBD Jatim sebanyak 15 personel.

"BPBD Jatim mempersiapkan bantuan awal yang sore ini dikirim. Diantaranya 200 paket sembako, mie instan 50 karton, beras 1000 Kg, minyak 200 Liter, gula 200 Kg, sarden 200 kaleng, air mineral 100 karton, selimut 100 lembar, terpal 50 lembar, kasur lipat 50 unit, bantal 50 Pcs, pakaian perempuan 50 paket, pakaian laki-laki 50 paket, detergen 12 karton, sabun mandi 2 karton, masker kain 10.000 lembar, masker medis 10.000 lembar, dan masker anak sebanyak 4.000 lembar, masker kain dewasa 6000 lembar untuk didistribusikan, bantuan ini akan terus mengalir," beber Gatot.

Baca juga:
Sowan Ketua PCNU, Vinanda Prameswati Minta Restu Maju Pilwali Kediri 2024

Update terakhir, sebanyak 2219 korban erupsi semeru telah menempati posko pengungsian. Ada 12 titik yang telah disiapkan.

Diantaranya SDN 4 Supiturang sebanyak 266 jiwa, Masjid Supiturang sebanyak 70 orang, Masjid Nurul Jadid Pronojiwo 70 orang, Balai Desa Oro-Oro Ombo sebanyak 217 jiwa, SMPN 2 Pronojiwo 100 orang, SDN 2 Sumberurip sebanyak 119 jiwa, Balai Desa Sumberurip sebanyak 228 jiwa, Balai Desa Penanggal sebanyak 131 jiwa, Pos Gunung Sawur, Ds. Sumberwuluh, Kec. Candipuro sebanyak 52 jiwa, Balai Desa Pasirian sebanyak 216 jiwa, Lapangan Candipuro sebanyak 150 jiwa dan Kantor Kecamatan Candipuro sebanyak 600 jiwa.

Hingga saat ini, petugas masih terus melakukan proses pendataan para pengungsi guna memaksimalkan bantuan. Data ini sedang berproses sehingga dapat berubah sampai pendataan berakhir.