Pixel Code jatimnow.com

Berhasil Menaikkan Nilai SAKIP, Pemkot Pasuruan Raih Penghargaan MenPAN-RB

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menerima penghargaan dari MenPAN-RB di Jakarta (Foto-foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menerima penghargaan dari MenPAN-RB di Jakarta (Foto-foto: Humas Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

Penghargaan diberikan atas keberhasilan Pemkot Pasuruan meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2022 dengan nilai BB, naik dari tahun sebelumnya yang meraih nilai B.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa (6/12/2022).

"Dari B menjadi BB itu kerja keras, nggak gampang itu. Kota Pasuruan berusaha naikin itu. Jadi ini kerja keras bareng-bareng karena indikator (penilaian) banyak dan melibatkan begitu banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujar Gus Ipul kepada wartawan.

Adapun kerja keras yang dimaksud adalah bekerja sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan komponen penilaian yang ditentukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pengawasan.

Baca juga:
Perayaan NU 1 Abad, Bangun JPL di Jalan Anjasmoro, Tewas Bersimbah Darah

"Ya harus memenuhi sejumlah syarat. Nah, setiap OPD harus bekerja berdasarkan RPJMD dan indikator-indikator utama. Jadi di setiap kegiatan itu memang diukur mulai dari perencanaannya sampai pelaksanaannya, sampai juga monitoring, evaluasinya. Kemudian juga termasuk standar-standar pelaporannya harus terpenuhi," jelasnya.

Tahun depan, lanjut Gus Ipul, Pemkot Pasuruan menargetkan nilai SAKIP A.

Baca juga:
Perusak Kantor Pasar Poncol Kota Pasuruan Dipolisikan, Kadisperindag Diperiksa

"Sekarang kita berjuang dari B menuju A. Tetap kerja keras," ujarnya.

Untuk diketahui, penilaian SAKIP pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori, yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100.