Pixel Code jatimnow.com

Pastikan Pilkades Berjalan Lancar, Mas Dhito Cek Langsung ke TPS

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito cek TPS Pilkades serentak. (Foto: Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)
Mas Dhito cek TPS Pilkades serentak. (Foto: Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades serentak, Rabu (7/12/2022). Pemantauan dilakukan langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) bersama Forkopimda untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar.

Ada dua desa yang didatangi Mas Dhito bersama Forkopimda yakni Desa Watugede dan Desa Gadungan di Kecamatan Puncu. Pemantauan di dua desa itu, Mas Dhito melihat antusiasme masyarakat mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

"Antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik," kata Mas Dhito usai melakukan pemantauan di lokasi TPS 1 Desa Watugede dan Desa Gadungan.

Mas Dhito dalam pemantauan itu terlihat menyalami masyarakat yang datang ke TPS termasuk para calon kades. Bahkan, di TPS 1 Desa Gadungan yang berlokasi di balai desa, bupati muda ini menyempatkan memantau ruang pelayanan untuk memastikan petugas melayani masyarakat dengan baik.

Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 ini digelar di 57 desa dan diikuti oleh 155 calon kades dengan pelaksanaan pemungutan di 530 TPS. Mas Dhito berharap para kades terpilih nantinya dapat bekerja untuk kemajuan desa dan melayani masyarakatnya dengan baik.

Baca juga:
Pemkab Kediri Anggarkan Hibah Rp4 Miliar untuk Percepat PTSL

"Pesan saya kepada kepala desa terpilih untuk bisa melayani masyarakat dengan hati," pesan Mas Dhito.

Pesan itu ditekankan Mas Dhito sejak awal, bahkan disampaikan langsung kepada para calon kades saat pelaksanaan deklarasi damai. Pelaksanaan Pilkades diharapkan tetap menjaga sportivitas, dalam artian bagi calon kades terpilih dapat merangkul calon yang kalah, begitu pula yang kalah diharapkan memiliki kesabaran dan menerima kekalahan dengan ikhlas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono mengungkapkan, setelah pemungutan suara tahapan selanjutnya BPD melaporkan kades terpilih kepada camat, selanjutnya camat melanjutkan kepada bupati kemudian pelantikan.

Baca juga:
Mas Dhito Pastikan Pembangunan Jembatan Jongbiru Dimulai Mei 2023

"Pelantikan kades terpilih akan diadakan pada 3 Maret 2023," ungkapnya.

(ADV)