Pixel Code jatimnow.com

Satu Dekade, Ratusan Talent BEC Suguhkan Kekayaan Budaya Banyuwangi

Editor : Zaki Zubaidi

jatimnow.com - Tahun ini Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) memasuki satu dekade. Di tahun 2022 ini, BEC yang akan digelar besok Sabtu, 10 Desember 2022, mengangkat tema The Diversity Of Banyuwangi Culture.

BEC bakal menyuguhkan keragaman etnis yang ada di Bumi Blambangan. Mulai dari suku Osing, Jawa, Madura, Bali, Mandar, hingga budaya Arab dan Mandarin yang memperkaya keragaman seni dan budaya Banyuwangi.

"Banyuwangi memiliki keberagaman suku. Mereka bahu membahu membangun Banyuwangi. Saling membantu dan bekerjasama, karenanya disebut Tamansarine Nusantara," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau gladi bersih BEC, Jumat (9/12/2022).

"Kami libatkan ratusan seniman muda mulai dari peraga kostum, pemusik, hingga desainer busana. Kami juga libatkan profesional untuk memberikan berbagai materi kepada peserta. Seperti runway, fashion dance, ekspresi, dan tari tradisional," ujar Ipuk.

Para peserta yang terlibat dalam proses parade telah mengikuti rangkaian proses sebelum gladi resik. Salah satunya workshop yang diikuti peserta mulai pelajar tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ipuk memotivasi para talent yang sedang melaksanakan latihan. Ia berpesan agar mereka menampilkan yang terbaik dan menjaga kesehatan sebelum tampil.

Baca juga:
8 Tahun Tak Jumpa, Jokowi dan Habib Syech Saling Puji di Banyuwangi

"Ayo semangat, jangan lupa tersenyum dan tampilkan yang terbaik. BEC tidak akan sukses tanpa dukungan dan kerjasama dari kalian semua," harap Ipuk.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menjelaskan, para talent akan berparade di sepanjang catwalk jalanan kota Banyuwangi menampilkan beragam busana etnik yang dikreasi secara kontemporer.

"Puluhan fashion yang akan diparadekan bakal disajikan secara tematik, merepresentasikan masing-masing etnis. Event ini juga tampilkan fragmen tentang bagaimana semua etnis yang ada di Banyuwangi ini kompak membangun daerah," jelas Bram.

Baca juga:
Pemkab Banyuwangi Tutup Tahun dengan Sholawat, Ini Impian Bupati Ipuk

Parade BEC akan dimulai dari kawasan Lorong Bambu di Gesibu Blambangan menuju jalan Susuit Tubun, belok kiri menuju perliman, lurus ke jalan A.Yani dan finish di Kantor Bupati Banyuwangi.

"Acara dimulai pukul 14.00, diawali pertunjukan tari kolosal oleh penari dan beragam atraksi menarik lainnya," tambah Bramuda.