Pixel Code jatimnow.com

Sopir-Awak Bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro Dicek Kesehatan dan Dites Urine

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Misbahul Munir
Pemeriksaan kesehatan sopir dan awak bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Pemeriksaan kesehatan sopir dan awak bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro (Foto-foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah sopir dan awak bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro menjalani tes urine dan kesehatan jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Pemeriksaan itu dilakukan personel gabungan dari Polres Bojonegoro bersama Dinas Perhubungan dan instansi terkait, dalam Operasi Lilin Semeru 2022.

Selain melakukan tes urine dan kesehatan untuk sopir dan awak bus, petugas gabungan juga mengecek kendaran dan memeriksa kelengkapan surat.

Wakapolres Bojonegoro, Kompol David Manurung menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kesiapan dalam rangka mengamankan dan memastikan kelancaran pada saat libur Nataru 2022/2023.

"Pemeriksaan tersebut dimaksudkan agar memastikan sopir dan awak bus dapat menjalankan kendaraannya dalam kondisi sehat dan tidak dalam pengaruh obat-obatan atau minuman keras (miras), sehingga dapat mengantarkan penumpang selamat sampai tujuan," ujar David, Kamis (22/12/2022).

Tes urine terhadap sopir dan awak bus di Terminal Rajekwesi BojonegoroTes urine terhadap sopir dan awak bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro

Dalam pemeriksaan sementara, belum ditemukan sopir dan awak bus yang positif menggunakan obat-obatan terlarang atau minuman keras.

Baca juga:
Ini Tampang Bandar Sabu Berkedok Pengelola Rumah Kos di Surabaya

"Untuk hasilnya apakah ada temuan nanti akan disampaikan oleh Satresnarkoba," tambah dia.

Sementara Kepala Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Budi Sugiarto mengungkapkan, kenaikan penumpang, baik kedatangan maupun keberangkatan sudah mulai meningkat Rabu (21/12/2022).

"Sejak kemarin memang agak ramai. Biasanya 500 sampai 600 penumpang, kemarin sampai 800 penumpang. Total biasanya sehari untuk bus AKAP dan AKDP ada sekitar 134 sampai 140 kemarin tercatat sampai 164," bebernya.

Baca juga:
Wow! Perputaran Uang di Kota Batu Tembus Rp350 Miliar saat Nataru

Pemeriksaan kondisi dan kelengkapan surat kendaraan di Terminal Rajekwesi BojonegoroPemeriksaan kondisi dan kelengkapan surat kendaraan di Terminal Rajekwesi Bojonegoro

Sejumlah petugas kesehatan juga disiapkan untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan pada para penumpang yang hendak melakukan perjalanan.

"Rata-rata penumpang masih di dominasi perjalanan antar kota, biasanya jurusan Bojonegoro-Surabaya. Tapi, yang dari Jakarta juga sudah mulai banyak," tandasnya.