Pixel Code jatimnow.com

Akses Keluar Masuk Kota Batu yang Sempat Tertutup Longsor Bisa Dilalui Besok

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Proses pengaspalan jalan penghubung Giripurno, Kota Batu-Karang Ploso, Kabupaten Malang (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Proses pengaspalan jalan penghubung Giripurno, Kota Batu-Karang Ploso, Kabupaten Malang (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Akses jalan alternatif Giripurno-Karang Ploso penghubung Kota Batu dan Kabupaten Malang sisi utara dipastikan sudah bisa dilalui besok, Sabtu (24/12/2022).

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat, Jumat (23/12/2022).

"Pembangunan retaining wall atau konstruksi berbentuk dinding yang digunakan untuk menjaga kestabilan agar bidang tanah tidak bergeser sudah tuntas. Sehingga tinggal dilakukan finishing pengaspalan," ujar Alfi.

Menurut Alfi, ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui DPUPR untuk menuntaskan penanganan longsor tebing di Jurang Susuh sebelum libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Baca juga:
Balai Uji KIR Kota Batu Ditargetkan Beroperasi Maret 2023

"Harapannya agar masyarakat maupun wisatawan yang akan menyambut libur akhir tahun bisa memanfaatkan askes tersebut. Selain mengurai kemacetan di jalur utama Jalan Moh Hatta dan Ir. Soekarno," bebernya.

Pihaknya berterima kasih kepada masyarakat. Sebab saat pekerjaan penanganan longsor tersebut masyarakat memahami dan tidak melewati ruas jalan.

Baca juga:
Wisata Payung Kota Batu, Destinasi Favorit Remaja 90an yang Kini Sepi

"Sehingga DPUPR bisa bekerja dengan optimal," tambahnya.

Perbaikan jalan akibat longsor tersebut menghabiskan anggaran Rp700 juta. Anggaran diambil dari dana Belanja Tak Terduga (BTT) dan telah disepakati oleh banggar.