Pixel Code jatimnow.com

Waspada! Ini Titik Rawan Kemacetan di Jombang saat Libur Nataru

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Elok Aprianto
Polisi mengatur arus lalu lintas di simpang empat Jalan Wakhid Hasyim Jombang (Foto: Elok Pribadi/jatimnow.com)
Polisi mengatur arus lalu lintas di simpang empat Jalan Wakhid Hasyim Jombang (Foto: Elok Pribadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pengguna jalan yang melintas di Jombang saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) wajib mengetahui beberapa titik rawan kemacetan.

Kabag Ops Polres Jombang, Kompol Purwo Atmodjo menjelaskan, titik macet di wilayahnya yaitu Bandarkedungmulyo, Mojoagung, Ploso, dan Perak. Untuk mengantisipasi, 236 personel disiagakan.

"Kita siagakan personel cukup banyak, ada sekitar 236. Dengan jumlah pospam lima dan posyan satu," ungkap Purwo, Jumat (23/12/2022).

Menurut Purwo, personel akan melakukan pemantauan dan pengalihan arus lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan tersebut.

"Beberapa titik rawan macet, pertama di Mengkreng, Mojoagung dan Ploso. Dan tidak menutup kemungkinan di Jati Pelem karena pengecoran belum selesai, tapi dipaksakan untuk lewat," terangnya.

"Karena memang belum selesai proyeknya, sehingga harus bisa dilewati, jalurnya menyempit, sehingga akan terjadi titik macet," sambung Purwo.

Baca juga:
Ingin Menguji Kesabaran? Ini 4 Lokasi Langganan Macet di Sidoarjo

Namun, jika nanti kepadatan kendaraan cukup tinggi dan penumpukan terjadi hingga macet, petugas yang ada lokasi akan melakukan pengalihan arus.

"Dari Kasat Lantas sudah menyiapkan pola-pola rekayasa lalulintas. Pengalihan-pengalihan dan juga rambu-rambu sudah dipasang juga cukup banyak. Sehingga memudahkan masyarakat yang melewati jalur itu tidak akan sampai kesasar (tersesat)," terang Purwo.

Ditanya bagaimana rekayasa arus lalulintas yang sudah dipersiapkan, Purwo menjelaskannya.

"Jika terjadi kemacetan di Jati Pelem, maka arus lalulintas akan diarahkan ke Gudo, terus Papar. Kalau yang di Ploso, arus kendaraan akan diarahkan naik ke Tol Tembelang. Sedangkan jika terjadi kemacetan di Mojoagung, maka arus lalulintas akan diarahkan ke ringroad," papar dia.

Selain itu, mantan Kapolsek Mojoagung ini memastikan bahwa Polres Jombang juga menyiagakan personel untuk melakukan pengamanan di wilayah wisata. Termasuk pengamanan malam Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Pos pantau salah satunya ada di kawasan wisata Wonosalam. Dari polres dan polsek jajaran, termasuk anggota reserse, intel semua disiagakan untuk pengamanan malam Natal dan tahun baru," tegasnya.