Pixel Code jatimnow.com

Catat! Arus Lalu Lintas Menuju Gereja di Surabaya ini Dialihkan Selama 2 Hari

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Skema pengalihan arus lalu lintas dan titik parkir (Foto-foto: Satlantas Polrestabes Surabaya)
Skema pengalihan arus lalu lintas dan titik parkir (Foto-foto: Satlantas Polrestabes Surabaya)

jatimnow.com - Pengalihan arus lalu lintas diterapkan polisi selama dua hari, dalam proses pengamanan Natal 2022, mulai 24 hingga 25 Desember.

Pengalihan arus lalu lintas, salah satunya diterapkan menuju dua gereja di Surabaya, yaitu Gereja Hati Kudus Yesus (HKY) Katedral Surabaya, Jalan Polisi Istimewa dan Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya.

"Nanti diberlakukam rekayasa arus lalu lintas mulai pukul 18.00 WIB sampai Misa selesai. Juga akan disterilkan agar berlangsung khidmat Misa Natalnya," ujar Kasatlantas Polrestabes Surabaya, Kompol Arif Fazlurrahman saat dikonfirmasi.

Arief menjelaskan, untuk rekayasa lalu lintas di Gereja Hati Kudus Yesus, kendaraan yang dari arah Jalan dr Soetomo menuju Jalan Polisi Istimewa akan dialihkan menuju Jalan Raya Darmo.

"Nanti yang dari Jalan Raya Darmo ke Polisi Istimewa akan diluruskan atau ditekuk kanan ke Jalan dr Soetomo," jelasnya.

Kemudian pengguna jalan yang melintas dari Jalan Dinoyo ke Jalan Polisi Istimewa, akan diluruskan ke utara maupun selatan karena ada dua jalur yang bisa digunakan.

Selanjutnya untuk pengalihan arus lalu lintas di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Arif mengatakan jika kendaraan dari Jalan Ngagel Jaya Utara sisi barat menuju Jalan Ngagel Madya sisi utara dialihkan ke Jalan Ngagel Madya sisi selatan.

Baca juga:
Waspada! Seluruh Indonesia Diprediksi Diguyur Hujan Lebat saat Tahun Baru 2023

"Untuk arus dari Ngagel Jaya Utara sisi timur menuju Jalan Ngagel Madya sisi utara diluruskan ke Jalan Ngagel Jaya Utara sisi barat dan Jalan Ngagel Madya sisi barat," paparnya.

"Kemudian arus lalu lintas dari Jalan Manyar ke Jalan Kalibokor Selatan diluruskan ke Jalan Raya Menur, dan kendaraan dari Jalan Pucang ke Jalan Ngagel Madya dialihkan ke Jalan Kalibokor Selatan," tambah Arif.

Alumni Akpol 2005 itu menyebut, selain melakukan pengalihan lalu lintas, juga disediakan tempat parkir untuk jemaat yang akan mengikuti Misa Natal.

Untuk di Gereja Hati Kudus Yesus, jemaat bisa memarkirkan kendaraannya di Jalan Polisi Istimewa dan Jalan Sriwijaya.

Baca juga:
Cek Kesehatan Gratis Bagi 2112 Anak Yatim Piatu Sambut Nataru

"Kalau di Gereja Santa Maria Tak Bercela kantong parkir disiapakan di sepanjang Jalan Ngagel Madya, dan Jalan Ngagel Madya Utara," ujarnya.

Setelah Misa di dua gereja tersebut selesai, Arif menyebut arus lalu lintas akan dinormalkan kembali. Yang pasti, pengalihan arus lalu lintas itu akan diterapkan selama dua hari.

"Sifatnya situasional," pungkasnya.