Pixel Code jatimnow.com

Waspada! Seluruh Indonesia Diprediksi Diguyur Hujan Lebat saat Tahun Baru 2023

Editor : Redaksi
Ilustrasi hujan (Foto: Dok. jatimnow.com)
Ilustrasi hujan (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Seluruh wilayah di Indonesia diprediksi bakal diguyur hujan lebat periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Informasi itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitternya @InfoHumasBMKG.

"BMKG memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023," tulis BMKG seperti dilihat jatimnow.com, Selasa (27/12/2022).

BMKG juga memperkirakan hujan lebat itu akan mengguyur hingga 1 Januari 2023.

Baca juga:
Polisi Amankan Biang Onar Malam Tahun Baru, Sempat Babak Belur Dikeroyok Warga

"Potensi hujan lebat hingga sangat lebat di wilayah Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, NTT, Sulsel, Sultra, dan Maluku," keterangan dalam video yang diunggah BMKG.

Sementara wilayah Aceh, Lampung, Sumsel, Jakarta, Kalteng, Kalsel, Malut, Papua Barat, dan Papua, diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca juga:
Polisi Amankan 'Pocong' Mabuk Miras yang Ikut Konvoi di Surabaya

Curah hujan yang merata di Indonesia itu disebut dipicu dinamika atmosfer. BMKG menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan peningkatan aktivitas monsun Asia yang memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan.

BMKG meminta masyarakat waspada dengan prediksi cuaca buruk kali ini. Sebab hal itu dapat meningkatkan risiko terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, dan gelombang tinggi.