Pixel Code jatimnow.com

Angka Pengangguran Sidoarjo Masih Tinggi, Begini Kata BPS

Editor : Rochman Arief Reporter : Zainul Fajar
foto: ilustrasi jatimnow.com.
foto: ilustrasi jatimnow.com.

jatimnow.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo mencatat jumlah pengangguran di Kota Delta mencapai 118 ribu. Angka tersebut setera dengan 8,08 persen dari total penduduk Sidoarjo yang mencapai 2,064 juta jiwa.

Kepala BPS Sidoarjo Indriya Purwaningsih dalam keterangannya memaparkan bahwa, apabila dilihat dari tingkat pendidikannya, besaran Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tamatan SMP menjadi yang tertinggi, atau di angka 23,8 persen.

Selanjutnya disusul tamatan SMA di angka 10,14 persen, kemudian SMK 5,27%. Sedangkan TPT terendah adalah warga yang telah menuntaskan pendidikan tinggi, yakni pada posisi 2,35 persen.

Indriya tak menampik jika angka tersebut termasuk masih tinggi. Namun apabila dibandingkan dengan satu tahun lalu, angka tersebut sudah menurun.

Baca juga:
Mayat Mengambang Itu Diduga Pelaku Pencurian

“Secara tren memang turun 2,07 persen dibanding tahun 2021 lalu. Tapi TPT Sidoarjo masih tergolong yang tertinggi di Jawa Timur,” ujar Indriya.

Masih dikatakan Indriya, bahwa pemerintah saat ini juga tetap harus memperhatikan kondisi pengangguran yang ada di Sidoarjo.

Baca juga:
Penjelasan BRI Soal Raibnya Saldo Rp35 Juta Milik Penjual Jagung di Sidoarjo

Perlunya adanya banyak inovasi dan program yang tentunya tepat sasaran agar permasalahan tingginya angka pengangguran dapat ditekan.

“Butuh bersama-sama termasuk dengan pihak swasta untuk menuntaskan pengangguran,” pungkasnya.