Pixel Code jatimnow.com

Asyiknya Memerah Susu dan Tanaman Organik di Eduwisata Tulungagung

Editor : Rochman Arief Reporter : Bramanta Pamungkas
Wisatawan diajarkan cara memerah susu sapi di KSD. (foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Wisatawan diajarkan cara memerah susu sapi di KSD. (foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Musim liburan telah usai. Tapi tidak ada salahnya memasukkan sejumlah list destinasi wisata untuk dikunjungi pada akhir pekan nanti.

Salah satunya adalah Kampung Susu Dinasty yang menawarkan konsep eduwisata tentang pengolahan susu sapi dan pertanian organik di Tulungagung. Lokasinya tidak terlalu jauh. Letaknya di Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Kampung Susu Dinasty (KSD) menjadi salah satu eduwisata yang kerap dikunjungi baik pelajar maupun umum, di musim liburan hingga weekday. Nah, pada musim liburan, jumlah pengunjung selalu ramai. Seperti liburan akhir tahun lalu terlihat baik dua kali lipat dibanding hari biasa.

Owner KSD, Ainis Sa'adah mengatakan wisata ini bermulai dari peternakan sapi perah. Awalnya mereka hanya memelihara sapi perah untuk diambil susunya.

Namun karena berada di dataran rendah, produksi susu tidak terlalu banyak. Mereka lalu memutuskan untuk mengubah konsep peternakan ini menjadi lokasi wisata edukasi.

"Dulu hanya diambil susunya dan disetorkan ke koperasi. Nah, karena produksi susu tidak maksimal, kami mengubah menjadi destinasi wisata," katanya, Senin (2/01/2022).

Pengunjung yang datang ke wisata ini dapat mempelajari seluk beluk dalam peternakan sapi perah. Selain itu, wisatawan juga dapat memerah susu sapi dan mengolahnya menjadi minuman siap saji.

Naik kuda menjadi salah satu wahana lain yang ada di KSD, Tulungagung. (foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)Naik kuda menjadi salah satu wahana lain yang ada di KSD, Tulungagung. (foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

Tak ketinggalan jika pula wisatawan diajak untuk menerima edukasi tentang pemanfaatan limbah sapi menjadi biogas. Terdapat pula green house untuk bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik.

"Ini sangat cocok untuk edukasi siswa SD maupun SMP, hingga kelompok ternak dan pertanian, tentang teknik dasar tanaman hidroponik dan pengolahan susu," tuturnya.

Selain pengolahan susu sapi, pengunjung juga dapat menikmati wahana lain yang tersedia, seperti kolam renang dan berkuda.

Baca juga:
Terungkap, Pelaku Memerkosa Jenazah Mantan Pacar Usai Dibunuh

Sebagai penyedia eduwisata pengolahan susu, pengunjung juga bisa menikmati aneka olahan susu sapi. Sebut saja yoghurt, sebagai minuman menyehatkan. Terdapat juga taman kelinci yang banyak disenangi anak-anak.

"Di taman kelinci anak-anak bisa belajar menjadi dokter, kami juga menyediakan stetoskop untuk mendengarkan detak jantung kelinci," terangnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Anita Sofia Yunitasari, mengaku sangat puas dengan pengalaman belajar di wisata KSD. Siswi SDN Sanan, Tulungagung ini memperoleh banyak edukasi tentang peternakan sapi perah dan pengolahan susu.

"Tadi belajar banyak tentang peternakan sapi, kemudian memerah susu dan mengolah susu,. Yang paling berkesan waktu belajar memerah susu, agak takut-takut," pungkasnya.

Baca juga:
Duh... Guru di Tulungagung Selingkuh dengan Kepala Sekolah, Begini Nasibnya