Pixel Code jatimnow.com

Wow! Perputaran Uang di Kota Batu Tembus Rp350 Miliar saat Nataru

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Wisatawan di salah satu destinasi di Kota Batu. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Wisatawan di salah satu destinasi di Kota Batu. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dalam sepekan sejak 24 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 Dinas Pariwisata Kota Batu ada sekira 700 ribu wisatawan berkunjung.

Bila diasumsikan setiap orang menghabiskan Rp500 ribu, perputaran uang saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) mencapai Rp350 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan asumsi Rp500 ribu tersebut mengacu pada hasil pendataan pada libur musim Lebaran tahun lalu. Musim libur Lebaran tahun lalu, perputaran uang di Kota Batu menembus Rp225 miliar.

”Sepanjang tahun 2022 lalu kami menargetkan 7,5 juta kunjungan wisatawan. Khusus Nataru ada 700 ribu. Tentu dampak positif bisa dirasakan oleh banyak pihak," ujarnya, Senin (2/1/2023).

Baca juga:
Nasi Empok Wakini, Tantangan Pecinta Kuliner Pedas di Kota Batu

Dari beragam tempat, wisata alam menjadi yang paling favorit seperti petik stroberi dan beberapa coban/air terjun di Kota Batu. Sementara untuk wisata buatan masih berada dalam naungan JTP Grup dan Selecta sebagai salah satu tempat legendaris.

"Dari situ kita berharap bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Meski dampak lainnya juga terasa misalkan kemacetan arus lalu lintas," imbuhnya.

Baca juga:
Tiga Kantor Koperasi Abal-abal di Kota Batu Digerebek

Hal ini juga memperlihatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Batu mengalami peningkatan. Berbeda dari tahun 2021 lalu yang hanya terdapat 2,5 juta wisatawan.