Pixel Code jatimnow.com

Keren! Desa di Lamongan Punya Anjungan Surat Digital, Ini Manfaatnya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Nenek Sulasih saat mencoba menggunakan alat Anjungan Surat Digital. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Nenek Sulasih saat mencoba menggunakan alat Anjungan Surat Digital. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Lamongan menciptakan inovasi Anjungan Surat Digital. Gebrakan ini bertujuan untuk mempermudah layanan masyarakat.

Inovasi ini sepintas berbentuk layaknya Anjungan Tunai Mandiri (ATM), warga bisa kapan saja mengurus dokumen dan surat menyurat administrasi desa melalui alat ini.

Selain itu, melalui alat tersebut warga tidak lagi memerlukan waktu lama untuk meminta tanda tangan dari kepala desa. Surat yang dihasilkan telah tertera scan tanda tangan sehingga bisa langsung dipergunakan.

"Saat ini unit itu terletak di balai desa, tapi warga juga bisa memanfaatkan layanan aplikasi yang tersedia untuk mencetak sendiri surat dan dokumen yang diperlukan, lebih praktis dan cepat," ungkap Kasi Pelayanan Desa Mungli, Haimin, Senin (2/1/2023).

Baca juga:
Tukang Becak Tambal Jalan di Lamongan, Kesepian sejak Istri Meninggal Dunia

Untuk menggunakan alat itu, kata Haimin, warga hanya membutuhkan KTP untuk discan di alat tersebut yang kemudian muncul opsi print dokumen yang dibutuhkan.

"Dari perangkat ini seluruh sata masyarakat sudah terinput, dokumen bisa dicetak langsung di alat yang sudah disediakan," paparnya.

Baca juga:
Ini Sosok yang Memotivasi Tukang Becak Tambal Jalan Berlubang Sendirian

Sementara itu, warga desa setempat, Sulasih menyambut baik inovasi ini. Menurutnya, dengan adanya alat tersebut warga bisa dengan mudah mengurus dokumen untuk sekolah maupun pengobatan.

"Agak kagok, tapi prosesnya cepat tinggal sentuh-sentuh layar muncul kertas dan sudah ditanda tangani juga," ujar nenek 60 tahun tersebut.