Polisi ini Masuk Sekolah untuk Meminimalisir Angka Kecelakaan

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Anggota Polisi Lalu Lintas Polsek Rogojampi saat meberhentikan siswa yang tidak mengenakan helm.

jatimnow.com – Berbagai macam hal dilakukan oleh anggota Kepolisian Republik Indonesia dalam mensukseskan Operasi Keselamatan Semeru 2018. Seperti yang dilakukan Kepala Unit Lalu Lintas Kendaraan (Kanit Laka) Rogojampi Banyuwangi, Ipda Heru yang juga ikut masuk ke sekolahan.

Hal itu dilakukan Heru untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, terutama di kalangan pelajar. Ia pun melakukan sosialisasi di SMPN 2 Rogojampi dengan memberikan pendidikan serta wawasan berlalu lintas.

“Rata-rata di Rogojampi usia SMP diperbolehkan untuk mengendarai motor. Padahal secara aturan itu tidak dibenarkan,” ujar Ipda Heru kepada jatimnow.com di Polsek Rogojampi, Jumat (9/3/2018).

Bahkan, pada saat operasi hari ini, ditemukan dua pelajar berboncengan menggunakan sepeda motor dan sama-sama tidak mengenakan helm. “Ini kan berbahaya,” imbuhnya.

Setelah diberhentikan, kedua pelajar tersebut diberikan pemahaman terkait aturan yang harus dipatuhi saat mengendarai sepeda motor. Seperti menggunakan helm, menyalakan lampu utama pada siang hari hinga kelengakapan surat-surat sepeda motor, SIM dan STNK.

“Keberhasilan operasi keselamatan semeru ini adalah mengurangi angka pelanggaran dan menekan angka kecelakaan,” paparnya.

Padahal, tambah Heru, sehari sebelumnya polsi telah melakukan sosialisasi di SMPN 2 Rogojampi. Setelah itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi terhadap sopir-sopir truk yang ada di Kecamatan Rogojampi.

“Sebab, selain pelajar, para sopir-sopir truk ini juga sebagian besar pengguna jalan aktif,” ujarnya.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter