Pixel Code jatimnow.com

Waspada! Banjir Bandang hingga Hujan Es Berpotensi Landa 28 Daerah di Jatim

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Ilustrasi hujan es (Foto: Dok. jatimnow.com)
Ilustrasi hujan es (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Stasiun BMKG Juanda merilis hasil pengamatan cuaca ekstrem dan prakiraan cuaca yang berpotensi menghantam Jawa Timur hingga pertengahan Januari 2023.

Hasilnya, ada 28 daerah di Jatim berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi yang bisa mengakibatkan beberapa wilayah berpotensi hujan tinggi, genangan, banjir, banjir bandang, longsor, angin puting beliung hingga hujan es.

Kepala Stasiun BMKG Juanda, Taufiq Hermawan mengatakan, Jatim masuk pada fase La Nina, Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin.

"Kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih cukup signifikan, berpotensi mengakibatkan peningkatan cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan," terang Taufiq, Senin (2/1/2023).

Taufiq menyebut, prakiraan tersebut berdasarkan pantauan BMKG terhadap pola tekanan rendah Ex-TC Ellie di Australia bagian utara yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi/pertemuan angin di wilayah Pulau Jawa.

Baca juga:
Hujan Es dan Puting Beliung Rusak Rumah Warga Tulungagung

"Maka perlu diwaspadai, peningkatan kecepatan angin yang dapat mencapai lebih dari 20 knot (40km/jam) dari pagi hingga sore hari di seluruh wilayah Jawa Timur," beber Taufiq.

28 kabupaten dan kota di Jatim yang berpotensi dilanda bencana hedrometeorologi, yaitu Kota Batu, Kota/Kabupaten Blitar, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Kota/Kabupaten Kediri, Kota/Kabupaten Malang, Ngawi, Bondowoso, Nganjuk, Kota/Kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Bojonegoro.

Baca juga:
Awas! Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Hujan Es, Cek Lokasinya

Kemudian Jember, Jombang, Lumajang, Ponorogo, Kota/Kabupaten Mojokerto, Trenggalek, Gresik, Lamongan, Kabupaten Madiun, Sidoarjo, Tuban, Pamekasan, Sumenep, serta Kota/Kabupaten Pasuruan.

 

Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih