Pixel Code jatimnow.com

Cek Fakta, Trending Traffic Light Perempatan Margorejo di Surabaya

Lalu lintas kawasan Margorejo (Foto: Dishub Kota Surabaya for jatimnow)
Lalu lintas kawasan Margorejo (Foto: Dishub Kota Surabaya for jatimnow)

jatimnow.com - Perempatan Margorejo viral di media sosial (medsos), trending di Twitter dengan hastag #Margorejo, Kamis (5/1/2023) hari ini.

Perempatan Margorejo ini terletak di Jalan Margorejo Indah, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota Surabaya. Viral ini karena lamanya waktu tunggu, traffic light merah ke hijau.

Benarkah lampu hijau di perempatan Margorejo Surabaya begitu lama? Berikut penjelasannya.

Sub Koordinator Penyedia Perlengkapan Jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Prasetyo Prabayanto mengatakan, fase kendaraan di perempatan Margorejo ini masih normal, melihat kondisinya yang terbagi menjadi 3 simpang.

"Perempatan Margorejo ini memiliki karakteristik unik, karena kondisinya 3 simpang dengan 4 fase pergerakan kendaraan," kata Prasetyo kepada jatimnow.com, Kamis (5/1/2023).

Karakteristik Unik

Perempatan Jalan Margorejo memiliki karakteristik unik, karena merupakan simpang 3 dengan 4 fase pergerakan kendaraan, dan terdapat jalur rel kereta api yang melintang ditengahnya.

Untuk itu, Pembagian waktu lampu hijau pada arus lalulintas di simpang perempatan Margorejo ini berdasarkan dengan volume kendaraan melintas.

Sistem Sensor Volume Kendaraan Per Detik

Di simpang 3 dan ke 4 jalur perempatan Margorejo ini, menggunakan sistem sensor elektronik kontrol yang berpatokan pada volume kendaraan diantara ke 4 lajur ruas jalan Ahmad Yani sisi Utara, Selatan, dan pada siai Timur Jalan Margorejo Indah dan sisi Barat di Jalan Ahmad Yani.

Sehingga, sistem sensor ini digunakan sebagai patokan lalu lalang kendaraan dalam menentukan durasi waktu hijau dan merah Traffic light.

Waktu Normal Tunggu Lampu Merah 20 - 50 Detik

Baca juga:
Puluhan Anggota Tim Cyber Aswaja Dibaiat, Ini Tugas Mereka

Waktu normal durasi tunggu lampu merah berkisar 20 sampai 50 detik atau 1 menit, berlaku untuk setiap arah. Hal ini, dikecualikan pada saat kereta api melintas.

Saat Kereta Api Melintas, Waktu Tunggu 72 - 240 Detik

Saat kereta api melintas, waktu normal tunggu lampu merah 1 menit akan berubah menjadi 240 detik atau 4 menit.

Waktu 4 menit inilah nantinya yang membendung kendaraan dari 2 arah, Utara di Jalan Margorejo Indah dan kendaraan dari arah Barat, Jalan Ahmad Yani.

Durasi Tunggu Bertambah saat Sore

Pada kepadatan sore hari, waktu jam pulang kerja lama tunggu lampu merah akan bertambah, hal ini otomatis disesuaikan volume kendaraan.

Baca juga:
Emil Dardak Lempar Wacana Konsensus Akurasi Berita

90 detik akan mejadi waktu normal saat sore hari, dikarenakan jalur utama di Jalan Ahmad Yani, juga merupakan akses utama terbesar menuju arah luar dan dalam kota.

Menurut Prasetyo, lajur yang lumrah dikeluhkan warga yaitu berada di ruas jalan Margorejo Indah, sisi utara perempatan Margorejo.

"Sering dikeluhkan warga Surabaya yaitu di lajur sebelah Utara, dikarenakan saat waktu sore hari perhitungan prioritas ada di jalur utama Jalan Ahmad Yani," jelasnya.

Tujuannya, lanjut Prasetyo, agar antrean tidak begitu panjang mengekor, dan bilamana ada klaim yang mengatakan lampu merah mencapai 5 menit, itu tidak benar.

"Jalur utama Ahmad Yani menjadi prioritas agar ekor antrian panjang hingga menutup akses jalan berikutnya tidak terjadi, terlebih waktu 5 menit itu tidak benar," pungkasnya.