Pixel Code jatimnow.com

Duh... Laki-laki di Tulungagung Banyak yang Jadi Pengangguran

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Pencari kerja di Tulungagung (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Pencari kerja di Tulungagung (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Tulungagung mengalami peningkatan di Tahun 2022 lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) Tulungagung mencatat, terdapat puluhan ribu masyarakat yang berstatus pengangguran. Angka pengangguran didominasi laki-laki. Pandemi yang terjadi disebut menjadi salah satu penyebab tingginya angka pengangguran itu.

Koordinator Fungsi Statistik BPS Tulungagung, Suci Handayani mengatakan, untuk mengetahui jumlah perkiraan angka pengangguran di Tulungagung, dihitung dengan melihat usia angkatan kerja.

Usia angkatan kerja ini berkisar mulai usia 15 tahun ke atas. Dalam penduduk usia kerja, juga dibagi antara angkatan kerja dan bukan angkatan kerja. Sedangkan angkatan kerja juga masih dibagi dengan angkatan kerja yang bekerja dan pengangguran.

"Dan berdasarkan penghitungan kami, ada sekitar 40 ribu warga yang berstatus pengangguran," ujar Suci, Rabu (11/1/2022).

Baca juga:
Demi Miras dan Domino, Pemuda Surabaya Tega dengan Tetangga

Berdasarkan TPT, di Tulungagung pada Tahun 2021 mencapai 6,65 persen. Sedangkan 2022, bertambah 1,73 persen. Pengangguran didominasi oleh laki-laki dengan 7,51 persen. Sedangkan perempuan 5,49 persen.

"Berdasarkan data yang ada, pengangguran di Tulungagung didominasi oleh laki-laki," tuturnya.

Baca juga:
Berita Trending Pekan Ini: Para Lelaki Baca Nomor 1, Piye Iki?

Meningkatnya pengangguran ini juga dampak dari pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Secara global pandemi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Meskipun saat ini memasuki masa pemulihan ekonomi, tapi dampaknya terhadap angka pengangguran masih belum terlihat.

"Kenaikan angka pengangguran justru masih terjadi pada masa pemulihan ekonomi," pungkasnya.

Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih