Pixel Code jatimnow.com

Sempat Molor, Perbaikan 51 Jalan yang Didanai PEN di Ponorogo Akhinya Kelar

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ahmad Fauzani
Proyek perbaikan jalan yang didanai dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/Jatimnow.com)
Proyek perbaikan jalan yang didanai dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/Jatimnow.com)

jatimnow.com - Proyek perbaikan jalan di 51 titik di Kabupaten Ponorogo yang didanai program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) akhirnya selesai dikerjakan. Target pengerjaan sebenarnya kelar akhir November 2022 lalu.

Jalan sepanjang 140,2 Km telah berhasil diperbaiki. Nilai proyek tersebut memang belum bisa mencukupi seluruh kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Ponorogo.

Menurut data dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo, dari 221,8 Km jalan yang rusak di tahun 2022, baru 188,2 Km yang bisa diperbaiki dengan menggunakan dana PEN dan juga dari Dana Alokasi Umum (DAU). Dengan rincian 140,2 Km didanai dari PEN dan 48 Km dari DAU.

"Jadi jalan yang rusak masih ada sekitar 40-an kilometer (yang seharusnya tinggal 30-an kilometer). Kenapa bisa begitu? Karena begini, hitungan ketika waktu pengajuan PEN kemarin, seperti Carat ke utara itu kondisinya sedang (rusak ringan). Namun karena tidak segera tertangani oleh tambalan dan juga karena kondisi cuaca hujan yang luar biasa, akhirnya laju kerusakannya menjadi tinggi sehingga kondisinya sekarang jadi rusak berat," papar Kepala DPUPKP Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo, Kamis (12/1/2023).

Baca juga:
DPRD Ponorogo Tak Setujui Rencana Pemkab Kembali Pinjam Dana PEN

Menurutnya, di Ponorogo laju kerusakan jalan itu pasti ada, sekitar 2 persen atau sekitar 40-50 Km per tahun. Dan saat ini nilai laju perbaikan jalan di Ponorogo sudah lebih dari 2,5 persen. Sehingga diharapkan kekurangan jalan yang belum diperbaiki akan segera teratasi.

"Insya Allah begitu (segera teratasi). Nanti kita akan bergeser, tanggung jawab kita tidak hanya jalan kabupaten saja tapi juga jalan poros desa," pungkasnya.

Baca juga:
Lanjutkan Pembangunan Jalan, Pemkab Ponorogo Bakal Pinjam Dana PEN Lagi

Reporter: Ahmad Fauzani