Satu Unit Kereta Transportasi Asian Games 2018 Masih Diuji Coba

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Satu unit Kereta Light Rail Transit (LRT) yang dipesan pemerintah melalui PT KAI/Foto: Dok PT KAI

jatimnow.com - Walaupun perhelatan Asian Games 2018 di Palembang semakin dekat. Namun, persiapan untuk transportasi pendukung atlet belum maksimal. Satu unit Kereta  Light Rail Transit (LRT) yang dipesan pemerintah melalui PT KAI, belum dikirim.

Hingga saat ini, baru tujuh yang dikirim ke Palembang, dari delapan kereta LRT yang dipesan.

"Ya memang kurang satu. Kereta tersebut masih berada di PT INKA di Kota Madiun," kata General Manager Corporate Secretary PT INKA, I Ketut Astika.

Ia menjelaskan, satu trainset LRT yang masih berada pabrik PT INKA sudah siap dikirim. Namun, pihak PT INKA masih menunggu konfirmasi terkait kesiapan prasarana di Palembang.

"Kami kan juga melihat kesiapan prasarana di Palembang. Deponya saat ini sudah menampung tujuh trainset. Nah ini kita sambil memastikan di sana, masih ada proses evaluasi, sehingga ketika nanti dikirimkan bisa maksimal," katanya.

Ia juga belum bisa memastikan, satu LRT terakhir ini kapan dikirim ke Palembang. Karena menurutnya, pihaknya masih melakukan koordinasi.

"Secara fisik sudah selesai keretanya. Tidak ada masalah. Tinggal menunggu dikirim saja,"katanya.

Sementara, Ketut mengaku, bila sudah genap 8 LRT dikirim, kemungkinan tidak semua dioperasikan. Sebagian ada yang digunakan sebagai cadangan ketika terjadi emergency maupun trouble.

Sekarang pun, masih dilakukan tahap pengujian. Sepengetahuan dirinya baru berjalan 8 kali perjalanan dalam sehari.

"Ini kan belum beroperasi penuh, masih uji coba. Sambil menguji semua fungsi, sistem di airport, ticketing di airport, teknis di perjalannannya, penjual tiketnya bagaimana, setelahnya baru dioperasikan,"katanya.

Untuk diketahui, LRT Sumsel, tergolong sebagai kereta berteknologi baru di Indonesia. Kereta ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak, dilengkapi third rail sebagai sumber daya listrik.

Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car. Sedangkan material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi.

Dari sisi kenyamanan, selain dilengkapi AC (air conditioning),  LRT ini memiliki kaca jendela jenis safety glass(tempered) dan dilaminasi anti-UV 60 persen, sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung.

Kereta dengan kandungan lokal produk mencapai kurang lebih 45 persen ini mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter