jatimnow.com

Polresta Blitar Gratiskan SIM untuk Nama Agus Selama Agustus

Petugas berpakaian jadul melayani warga 🔍
Petugas berpakaian jadul melayani warga

jatimnow.com - Ada yang unik dari petugas Pelayanan SIM di Satlantas Polres Blitar Kota. Bila hari biasanya, petugas berpakaian dengan seragam dinasnya, kini mereka terlihat lebih ramah kala melayani pembuatan SIM berbalut busana khas zaman dulu atau bahasa gaulnya disebut jadul.

Ide unik ini merupakan inovasi dari Satlantas Polres Blitar Kota dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73. Selain itu, bagi warga dengan nama Agus dan lahir di bulan Agustus akan dibebaskan dari bea pembuatan SIM.

Meski gratis tapi tetap melalui proses yang telah ditentukan. Rasanya, jika ada stereotip tentang 'Agustus berkahnya Agus' memang pas.

"Kami akan gratiskan bagi warga yang bernama Agus dan lahir di bulan Agustus dengan catatan lulus ujian praktek dan teori. Kami juga mewajibkan petugas layanan SIM untuk berpakaian jadul. Ini untuk menghormati perjuangan para pahlawan," kata Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Yanto Mulyanto, Rabu (08/08/2018).

Loading...

Terlihat petugas mulai dari pelayanan administrasi, uji test dan teori hingga petugas photo, semua mengenakan pakaian jadul. Kebijakan berpakaian jadul maupun layanan SIM gratis bagi pemohon agus ini berlangsung selama sebulan penuh.

Kebijakan ini juga ditanggapi oleh pemohon. Anif Orba misalnya, ia datang untuk membuat SIM baru. Ia mengaku, tampilan polisi dengan pakaian jadul ini terlihat lebih ramah ketimbang berpakaian dinas.

"Saya jadi nggak merasa takut. Polisi juga kelihatan ramah. Selain itu, saya merasa senang karena kearifan lokal juga ditegakkan oleh lembaga negara," pungkasnya sambil bergegas menuju ruang foto.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

 

Loading...