Pixel Code jatimnow.com

Peringati HUT PDI Perjuangan, Novita Ajak Kader Kenalkan Olahan Ikan

Editor : Rochman Arief Reporter : Bramanta Pamungkas
Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini saat menggelar lomba masak di DPC PDI Perjuangan Trenggalek. (foto: Kominfo Trenggalek for jatimnow.com)
Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini saat menggelar lomba masak di DPC PDI Perjuangan Trenggalek. (foto: Kominfo Trenggalek for jatimnow.com)

jatimnow.com - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun partai. Kegiatan itu juga dibarengkan dengan ulang tahun Ketua umum PDI Perjuangan Ibu Prof Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah gerakan hidup sehat dengan membuat dapur umum serta melibatkan masyarakat dengan menu sajian yang bergizi. Kegiatan sesuai dengan intruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Gerakan ini selaras dengan program inovatif yang telah berjalan di Kabupaten Trenggalek, dalam rangka upaya menekan angka stunting, yakni SMS Bu Novita.

Program tersebut digagas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini, yang sekaligus merupakan founder Uprintis Indonesia.

Program SMS Bu Novita ini memiliki singkatan Sareng Masak Sama (SMS) Bu Novita. Melalui program tersebut, Kabupaten Trenggalek meraih penghargaan sebagai kabupaten dengan penanganan stunting terbaik secara nasional pada tahun 2020-2022. Raihan itu mengantarkan Novita sebagai Ketua Forikan terbaik Jawa Timur tahun 2022.

“SMS Bu Novita adalah Sareng Masak Sama Bu Novita. Ini merupakan inovasi TP PKK Trenggalek, dalam rangka pencegahan dan pendampingan stunting dari hulu hingga hilir. Mulai dari Catin, sampai Bumil," kata Novita, Senin (23/1/2023).

Ia menambahkan jika program hari ini menghadirkan SMS Bu Novita di Kantor DPC PDI Perjuangan Trenggalek. Harapannya untuk mengedukasi bagaimana masak yang sehat dan bergizi, tapi juga menarik bagi anak-anak agar tergugah untuk makan.

Novita Hardini mendemonstrasikan mengolah ikan yang sehat dan bergizi. (foto: Kominfo Trenggalek for jatimnow.com) Novita Hardini mendemonstrasikan mengolah ikan yang sehat dan bergizi. (foto: Kominfo Trenggalek for jatimnow.com)

Baca juga:
Novita Terima Endorse Gratis Demi Kemajuan UMKM di Trenggalek

"Ini adalah salah satu inovasi penanganan stunting yang mengantarkan Kabupaten Trenggalek menjadi juara penanganan stunting terbaik nasional, dua tahun berturut-turut” imbuhnya.

Novita menjelaskan, ikan memiliki kandungan nutrisi yang paling lengkap. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil. Sejauh ini, wilayah Trenggalek dikenal sebagai salah satu sentra ikan baik tawar maupun laut.

“Ikan adalah kombinasi yang paling sempurna gizinya, karena kandungan zinc-nya tiga kali lipat,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, Novita juga mengajak seluruh kader dan simpatisan PDI Perjuangan dan seluruh komunitas, untuk turut serta berjuang mendampingi masyarakat tentang bagaimana cara mengolah ikan. Selama ini masyarakat mayoritas hanya mengolah ikan dengan cara digoreng saja.

Baca juga:
Ketika Novita Hardini Main Lato-lato Bareng Bocah-bocah Trenggalek

Padahal ikan dapat diolah menjadi menu lain yang tak kalah menarik. Harapannya hal ini bisa menjadi salah satu bentuk inspirasi bagi masing-masing ranting yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Ia berharap program ini bisa disosialisasikan serta bekerja sama dengan dasawisma di masing-masing daerah, sehingga penurunan stunting akan lebih mudah dicapai.

“Terimakasih Ibu Megawati, telah peduli terhadap tumbuh kembang anak di setiap desa. Kami siap mengawal perjuangan," pungkasnya.