Pixel Code jatimnow.com

Mas Dhito Pastikan Pembangunan Jembatan Jongbiru Dimulai Mei 2023

Editor : Arina Pramudita Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito meninjau Jembatan Jongbiru di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito meninjau Jembatan Jongbiru di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Jembatan Jongbiru di Kabupaten Kediri, dipastikan mulai dibangun pada Mei tahun ini. Jembatan di Kecamatan Gampenrejo tersebut sebelumnya putus selama lima tahun.

Ingin memastikan lancarnya pembebasan lahan, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meninjau lokasi pembangunan, Rabu (25/1/2023).

“Meninjau Jembatan Jongbiru ini bukan yang pertama kali, jadi sudah ketiga kali. Setelah tadi Jembatan Ngadi (Mojo) kita selesaikan, bekerjasama dengan Kementerian PUPR kita bersiap-siap menyelesaikan Jembatan Jongbiru,” ujar Mas Dhito.

Jembatan itu, lanjut Mas Dhito, merupakan akses penting yang menghubungkan Kabupaten Kediri dengan Kota Kediri. Jembatan Jongbiru juga menjadi jalan menuju ke tol dan bandara.

Perihal struktur jembatan, Mas Dhito menjelaskan masih akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Apakah menggunakan rangka baja atau beton.

“Sejauh ini rangka baja, cuma masih kita akan diskusikan dengan Kementerian PUPR apakah rangka baja atau beton,” tambahnya.

Baca juga:
Mas Dhito Siapkan Learning Center, Serap Tenaga Kerja Lokal untuk Bandara Kediri

Untuk memperlancar arus menuju atau dari jembatan, pihaknya melakukan pelebaran jalan. Mas Dhito menuturkan, hingga 25 Januari 2023, sebanyak 59 kepala keluarga telah dilakukan pembebasan lahan.

Menurut Mas Dhito, proses pembangunan jembatan dan pelebaran jalan ini akan dilakukan bersamaan. Harapannya setelah jembatan dan pelebaran jalan selesai perekonomian masyarakat kabupaten dan Kota Kediri dapat diakselerasi.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri, Irwan Chandra, menjelaskan pihaknya menargetkan pembahasan struktur bangunan dan desain jembatan akan dilakukan selama 2 pekan ke depan.

Baca juga:
Momen Bocah SD di Kediri Bertanya Cara Mendapatkan KIP ke Mas Dhito

Nantinya ukuran Jembatan Jongbiru baru akan lebih besar dibanding Jembatan Jongbiru yang putus.

“Iya lebih besar, (Jembatan Jongbiru) ini mirip dengan Jembatan Wijayakusuma (jembatan penghubung Kecamatan Ngadiluwih dan Mojo),” sebutnya.