Agustusan, Warga Percantik Tembok Kusam dengan Wajah Pahlawan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Warga melukis wajah pahlawan

jatimnow.com - Banyak cara yang dilakukan untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 73. Salah satunya dengan melukis wajah para pahlawan di tembok.

Seperti yang dilakukan oleh warga RT 06/01 Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Tembok sepanjang 20 meter yang biasanya polos, dilukis dengan wajah para pahlawan seperti Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, Kartini, Pattimura dan Tuanku Imam Bonjol.

Joni, Ketua RT setempat menyatakan lukisan para pahlawan ini merupakan bentuk antusiasme warga, dalam menyambut Hari Kemerdekaan.

Mereka secara swadaya mengumpulkan uang untuk membeli keperluan melukis seperti cat dan kuas Secara bergotong royong para warga pun mulai melukis di atas tembok. "Ini dilakukan secara spontan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Tema pahlawan sengaja dipilih dalam lukisan mural ini. Selain mempercantik lingkungan sekitar, warga juga ingin mengenalkan para pahlawan yang ikut serta berjuang meraih kemerdekaan kepada generasi muda.

Mereka diharapkan dapat mewarisi semangat dan nilai para pejuang yang sudah terlebih dahulu gugur. "Banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari setiap kisah perjuangan para pahlawan," jelasnya.

Adanya tembok digambar pahlawan ini menjadi tempat berswafoto bagi warga sekitar. Mereka mengaku senang karena tembok yang biasanya kusam, disulap menjadi lebih berwarna.

"Bagus untuk dipasang profil di media sosial," pungkas Fitri, salah seorang warga.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter