Dua Bulan Beraksi, Copet Spesialis Angkot di Surabaya Sikat 120 HP

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Tersangka tengah saat dikeler di angkot tempatnya mencopet

jatimnow.com - Satu dari dua orang komplotan copet yang biasa beraksi di dalam angkot (angkutan kota) di Surabaya diringkus polisi. Proses penangkapan terhadap copet ini berlangsung menegangkan.

Copet itu bernama M Rofik (38) yang sehari-hari tinggal di Surabaya. Dia ditangkap setelah mencopet HP seorang penumpang angkot di Jalan Kalianak depan Pos 55, Surabaya, Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 13.00 Wib.

"Anggota Satlantas kami yang sedang bertugas mendatangi lokasi dengan maksud akan melerai cek cok mulut antara korban dan sopir angkot. Darisanalah terungkap bahwa ada aksi pencopetan," sebut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Setelah anggot Satlantas datang melerai, ternyata sang copet (Rofik) kabur dan berusaha menumpang di cabin sebuah truk trailer yang sedang melaju. Namun, sopir truk tidak bersedia hingga handle pintu samping truk patah akibat tarikan Rofik.

"Setelah gagal menumpang truk, pelaku mencoba merampas motor pengguna jalan tapi gagal. Dari itu, anggota kami langsung menabrak pelaku hingga berhasil kami amankan," beber Agus.

Alumnus AKPOL (Akademi Kepolisian) tahun 2000 ini menambahkan, dari hasil pemeriksaan, ternyata sebelum ditangkap, Rofik sudah mencopet HP tiga kali. Sehingga HP yang diamankan dari tangan Rofik sebanyak 4 unit.

"Kami masih kembangkan dan memburu satu temannya lagi," tegas Agus.

Terungkap pula bahwa Rofik tidak bekerja sendiri. Dia bersama DPO beraksi dengan berpura-pura menjadi penumpang angkot. Mereka berbagi peran denga modus pura-pura hendak muntah ke arah calon korban. Saat korban merasa tidak nyaman dan bergeser, saat itulah mereka mengambil alih HP milik korban.

Dalam pengakuanya Rofik mengatakan sudah 2 bulan terakhir beraksi. Dia bersama DPO beraksi setiap hari di dalam angkot. Kadang hasil kadangpula tidak. Tapi jika dirata-rata, sehari keduanya bisa mencopet 2 HP. Sehingga jika ditotal, sudah sekitar 120 HP yang mereka copet.

"Uangnya saya bagi berdua. Saya pakai uangnya untuk kebutuhan sehari-hari dan saya kasihkan istri saya," aku Rofik.

Reporter : Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter