Pixel Codejatimnow.com

Perbaikan Rampung, Listrik di Madura Segera Normal?

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Fathor Rahman
Perbaikan jaringan listrik penyebab gangguan di Pulau Madura (Foto: PLN)
Perbaikan jaringan listrik penyebab gangguan di Pulau Madura (Foto: PLN)

jatimnow.com - Gangguan pasokan listrik di Madura yang disebabkan gangguan pada kabel Fasa S kini rampung diperbaiki. Diperkirakan, listrik di Madura tidak akan mengalami pemadaman secara bergilir lagi.

Hal itu disampaikan Manager UP3 Pamekasan, Feri Asmoro. Ia mengatakan, gangguan pada kabel Fasa S di Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) kabel tanah di titik sambung Joint Pit (JP) 17 sisi Bangkalan dan JP 5 sisi Surabaya sudah selesai diperbaiki.

"Petugas sudah melakukan perbaikan dan sudah selesai pada dini hari tadi," tutur Feri, Senin (13/2/2023).

Feri mengatakan, ratusan petugas PLN melakukan perbaikan selama 24 jam secara bergantian. Mulai dari melakukan pendeteksian titik gangguan hingga perbaikan rampung dilakukan.

"Petugas melakukan perbaikan 24 jam dengan metode shift," jelas dia.

Baca juga:
SIG Akselerasi Transisi Energi Hijau untuk Operasional Pabrik di Tuban

Feri mengatakan, usai perbaikan dilakukan, pihaknya kini melakukan pengujian aliran listrik. Hal ini dilakukan untuk menguji kabel pada titik perbaikan bisa dialiri listrik secara baik.

"Perlu diuji dulu sebelum dinormalkan. Sehingga ketika memang nantinya tidak ada kendala, penormalan aliran listrik di Madura bisa dilakukan dan pemadaman secara bergantian tidak akan dilakukan lagi," tambah dia.

Baca juga:
PLN Nusantara Power Produksi 525,62 GWh Energi Hijau Sepanjang 2023

Meski begitu, pengujian ini membutuhkan waktu hingga beberapa jam ke depan.

Sebelumnya, masyarakat Madura mengalami gangguan aliran listrik secara bergiliran sejak tanggal 3 Februari 2023. Pemadaman tersebut dilakukan mulai jam 17.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB. Kini di hari ke-10, pasokan listrik ke Madura segera dinormalkan.

Menapaki Setengah Abad, SIER Komitmen Maju Berkelanjutan
Ekonomi

Menapaki Setengah Abad, SIER Komitmen Maju Berkelanjutan

"Di usia 50 tahun ini, SIER terus berupaya meningkatkan kinerja dan relevansinya, transformasi dan digitalisasi proses bisnis menjadi pilihan untuk memperbaiki pelayanan bagi seluruh tenant SIER," kata Didik.