Pixel Codejatimnow.com

Ssstt... Bakal Ada Kepala Desa di Kota Batu yang Maju dalam Pilwali 2024

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Achmad Titan
Perwakilan APEL bicara soal calon walikota Batu saat Pilkada 2024 (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Perwakilan APEL bicara soal calon walikota Batu saat Pilkada 2024 (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Asosiasi Petinggi dan Lurah (APEL) Kota Batu punya kandidat sendiri yang akan diusung menjadi calon walikota dalam Pilwali 2024.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua APEL, Andi Faisal Hasan, Senin (20/2/2023). Meski begitu, Faisal masih belum membuka siapa calon tersebut.

"Kami dari 19 kepala desa sudah sepakat untuk mengusung sosok yang masih dirahasiakan itu. Intinya semua sepakat. Siapa dia? Nanti kalau sudah mendekati tentu kita sampaikan kepada khalayak," terang Andi.

Namun Andi membocorkan bahwa sosok yang akan diusung APEL adalah orang asli Kota Batu. Menurutnya, Kota Batu sudah selayaknya dipimpin putra daerah, bukan lagi orang-orang dari luar kota.

Di sisi lain, misi APEL adalah bila nanti orang yang diusung berhasil menjadi wali kota, maka dia benar-benar bisa memahami kondisi desa-desa yang ada di Kota Batu.

Baca juga:
813 Anggota PPS di Tulungagung Dilantik, Ini Tugas Pertamanya

"Jadi bukan berarti kami sok paling tahu tentang desa, tapi ketika sosok itu benar-benar mengerti tentang desa, tahu tentang bagaimana keberagaman di dalamnya. Bisa dipastikan sosok ini akan mampu membangun Kota Batu dari bawah," ujar Kades Junrejo itu.

Menurutnya, bila di tingkat bawah sudah terkondisikan dengan baik, pasti tingkat atas bakal tertata dengan baik. Dan disinggung apakah akan menggandeng partai politik dalam pilkada mendatang, dia menyatakan masih pikir-pikir. Sebab seorang kepala desa dilarang berpartai politik.

"Urusan gandeng partai politik, kami maju lewat jalur independen dulu. Pastinya sosok yang kami usung ini orangnya bijaksana. Masyarakat Kota Batu juga sudah banyak yang kenal," bebernya.

Baca juga:
Golkar Jatim Temui Gerindra, Jajaki Peluang Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya

Salah satu perwakilan APEL, Kepala Desa Beji, Deny Cahyono menyampaikan, sosok tersebut baru akan diumumkan ke publik jika sudah waktunya pendaftaran calon walikota Batu dan saat kampanye. Sosok tersebut merupakan salah satu kepala desa di Kota Batu saat ini.

"Sosok ini tak lepas dari keanggotaan asosiasi ini. Kami sudah berkomitmen dan punya calon. Bahwa pada Tahun 2024 mendatang, ada sosok kepala desa yang akan kami dukung ikut Pilkada Kota Batu 2024," tegas dia.