Pixel Codejatimnow.com

Tips agar Kalian Diterima Kerja, Nomor 6 Sering Dianggap Sepele

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Zain Ahmad
Foto ilustrasi: iStock
Foto ilustrasi: iStock

jatimnow.com - Hampir semua orang menginginkan kerja di tempat perusahaan yang besar dengan gaji yang tinggi. Untuk mencapai itu, tentu saja membutuhkan proses tersendiri yang cukup panjang. Bukan seperti hanya membalikkan telapak tangan.

Selain pengalaman, kalian juga perlu menjadi pribadi kreatif. Dan yang paling utama, yakni mempunyai sopan santun. Juga harus menjadi pribadi yang ulet dan jujur.

Berikut tips yang harus kalian terapkan saat melamar pekerjaan:

1. Pengalaman Kerja yang Luas

Pengalaman kerja juga menjadi salah satu pertimbangan penting yang sangat diperhatikan oleh perusahaan besar. Hal ini karena pengalamanlah yang dapat memberikan gambaran atas kualitas hasil pekerjaan dari para pegawainya.

Hal inilah yang sebaiknya dapat memotivasimu untuk memperbanyak pengalaman, bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah. Tentu saja ini akan memberikanmu banyak keuntungan ke depannya.

2. Tentukan Pilihan yang Sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan

Tak dapat dipungkiri bahwa gelar pendidikan memang kerap kali menjadi salah satu pertimbangan penting saat melamar pekerjaan. Apalagi jika kalian menargetkan posisi khusus yang membutuhkan gelar pendidikan tertentu.

Meski memang ada beberapa perusahaan yang juga membuka lowongannya untuk mereka yang tidak melanjutkan kuliah. Meski demikian, kalian dapat memanfaatkan peluang yang ada apabila sudah mengantongi gelar pendidikan sebelumnya.

3. Soft Skill atau Keterampilan Nonteknis yang Terus Berkembang

Soft skill menjadi persyaratan selanjutnya yang harus kalian miliki bila ingin diterima kerja di perusahaan besar. Tentunya tidak semua orang memiliki sot skill yang diminta, sehingga kalian harus dapat mengambil peluang atas hal tersebut.

Apabila kalian memiliki soft skill yang sudah menjanjikan, maka kalian dapat mencoba melamar kerja di perusahaan besar. Biasanya mereka akan sangat memperhatikan soft skillmu, serta dapat mendukungmu untuk terus mengembangkan hal tersebut.

Baca juga:
RSUD SLG Kediri Buka Lowongan Kerja, Ada 28 Formasi untuk Lulusan SMK

4. Kemampuan Berbahasa Asing Menjadi Nilai Tambah

Perusahaan besar dan bergengsi biasanya identik dengan skalanya yang mencapai global. Hal ini membuat pihak perusahaan akan mencari para pegawai yang fasih dan mampu dalam menuturkan bahasa asing dengan baik.

Tidak heran bila beberapa posisi biasanya akan menambahkan kemampuan berbahasa sebagai salah satu persyaratannya. Hal ini seolah menjadi nilai tambah tersendiri yang dapat membantumu untuk tetap bekerja dengan baik. Selain itu, kemampuan bahasa asing juga dapat menunjang prospek karier ke depannya.

5. Berjiwa Leadership Tinggi

Jiwa leadership atau kepemimpinan memang sudah digaungkan sejak lama. Alasannya tentu saja karena perusahaan besar tak hanya membutuhkan pegawai yang dapat bekerja baik secara individual, melainkan juga perkelompok.

Itulah mengapa banyak proyek besar yang tentu tidak dipegang oleh satu orang, namun dijalankan oleh banyak orang di dalamnya. Apabila tak memiliki jiwa kepemimpinan, tentu akan sulit untuk beradaptasi dan menunjukan hasil kerja yang maksimal.

Baca juga:
Pemkab Bojonegoro Gelar Jobfair Woro Bejo 2023, Ayo Daftar Lur!

Nyatanya memang ada persyaratan tertentu yang harus disiapkan apabila kalian ingin diterima kerja di perusahaan besar. Setidaknya dengan mengetahui hal tersebut, kalian jadi dapat mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

6. Menjadi Pribadi yang Jujur, Ulet dan Tentunya Mempunyai Sopan Santun

Banyak para pelamar kerja biasanya mengesampingkan kejujuran, keuletan hingga sopan santun. Mereka biasanya lebih mengedepankan pendidikan yang tinggi.

Padahal, menjadi pribadi yang jujur dan mempunyai sopan santun tinggi itu yang lebih utama dibutuhkan kebanyakan bos atau pimpinan.

Jadi, jangan sekali-sekali tak memperhatikan hal sepele tersebut. Catat ya gaes. Dan persiapkan diri kalian dengan baik sebelum menentukan pekerjaan yang hendak kalian pilih!