Pixel Code jatimnow.com

Motor Rengkek, Cara Polres Jombang Berbagi untuk Masyarakat di Hari Jumat

Editor : Narendra Bakrie   Reporter : Elok Aprianto
Motor rengkek Polres Jombang yang keliling setiap Jumat ke masjid-masjid untuk membagikan nasi kotak (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Motor rengkek Polres Jombang yang keliling setiap Jumat ke masjid-masjid untuk membagikan nasi kotak (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Anggota Polres Jombang menyebar ke beberapa masjid untuk mengatur lalu lintas dan membagikan nasi kotak pada jamaah usai Salat Jumat.

Seperti yang terlihat di Masjid Al Maksum Jalan Ki Hajar Dewantoro Jombang, Jumat (3/3/2023).

Sebelum membagikan nasi kotak, sejumlah polwan menjaga kendaraan jamaah sembari mengatur lalulintas. Sedangkan anggota polisi laki-laki menunaikan Salat Jumat.

Usai Salat Jumat berakhir, mereka membagikan nasi kotak yang ada di dalam motor rengkek. Nasi kotak itu mereka bagikan kepada jamaah yang hendak pulang.

"Alhamdulillah semoga berkah. Ya harapannya setiap Jumat bisa seperti ini, terimakasih pak polisi yang ada di Jombang," ungkap Heri (47), salah satu jamaah Masjid Al-Maksum.

Hal senada disampaikan Sugeng (49). Menurutnya, kegiatan yang dilakukan anggota Polres Jombang ini sangat bermanfaat bagi para jamaah.

"Baru sekali dapat nasi kotak ini. Ini responsif yang bagus dari polisi. Kita bisa lebih fokus ibadah karena kendaraan ada yang jaga dari kepolisian," tambah dia.

Baca juga:
Sopir Bus SMP PGRI Wonosari Malang Ditetapkan Tersangka, Ini Dasarnya

Sementara Kanit Regident Satlantas Polres Jombang, Iptu Rita mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan program motor rengkek yang ditujukan untuk membantu masyarakat yang sedang menjalankan ibadah Salat Jumat.

"Program motor rengkek ini dilakukan setiap Jumat keliling ke masjid-masjid untuk membantu masyarakat, khususnya yang sedang Salat Jumat," terang Rita.

Rita menjelaskan, gagasan program motor rengkek ini berawal saat para anggota Polri yang ingin berbagi dengan masyarakat, khususnya di hari Jumat yang penuh berkah.

Baca juga:
Pengusaha Nasi Kotak Berbek Waru Sidoarjo Banjir Pesanan: Berkah Ramadan

"Diawali dari bagaimana cara mengemas Jumat berkah, yang lebih mengena ke masyarakat. Dan akhirnya kita menggunakan motor rengkek yang sudah familiar di masyarakat. Kemudian motor rengkek ini kita isi dengan nasi kotak sejumlah 250 kotak dan kita bagikan ke masyarakat, yang telah menunaikan ibadah Salat Jumat," paparnya.

Rita menyebut, ratusan nasi kotak itu bersumber dari sumbangan para anggota polisi di Polres Jombang. Dan masakan itu juga diolah oleh anggota polisi, untuk selanjutnya dibagikan pada masyarakat setiap Jumat.

"Nasi kotak ini merupakan swadaya dari anggota Polres Jombang yang berdonasi, kita kumpulkan jadi satu. Dan yang memasak juga anggota Polres Jombang juga. Jadi ini dari anggota Polres Jombang untuk masyarakat," pungkasnya.