Pixel Codejatimnow.com

Serunya Dhahar Durian Medowo, Mas Dhito: Pecinta Durian Wajib ke Kediri

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Yanuar Dedy
Panitia Dhahar Durian Medowo memberikan durian untuk masyarakat (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Panitia Dhahar Durian Medowo memberikan durian untuk masyarakat (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Masyarakat Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri sukses menggelar event Dhahar Durian, Sabtu (4/3/2023). Acara ini mampu memikat banyak wisatawan dengan membagikan ribuan durian gratis.

Ada 2023 buah durian yang disusun menjadi lima tumpeng untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan wisatawan yang hadir ke Desa Medowo ini. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) yang turut hadir dalam acara ini ikut membagikan rajanya buah ini kepada warga.

Acara ini pun berlangsung seru. Masyarakat langsung menikmati durian Medowo ini di sana.

Mas dhito berharap kegiatan yang diselenggarakan masyarakat Desa Medowo tersebut mampu menjadikan komoditas durian asal Medowo yang legit ini dikenal masyarakat secara luas.

Di sisi lain, kegiatan rutin tahunan masyarakat ini diharapkan dapat dipertahankan dan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Desa Medowo.

"Harapannya dapat terus dipertahankan, dan tahun depan ini akan kita jadikan acara tahunan Pemkab Kediri," ungkap Mas Dhito.

Masyarakat yang datang dalam event Dhahar Durian Medowo itu tidak hanya mereka yang ada di sekitar Kecamatan Kandangan, melainkan juga dari luar daerah. Hal itu mengingat Desa Medowo merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Jombang dan Malang.

Baca juga:
Dinone Persik! Mas Dhito Ajak Suporter Nobar di Taman Hijau SLG Kediri

"Dahar Durian Medowo ini dua tahun lalu sebelum pandemi (pengunjung) sampai macet-macet," tambah Mas Dhito.

Durian menjadi salah satu komoditas unggulan di Desa Medowo, menggantikan cengkeh. Karena pohon cengkeh banyak yang mati, masyarakat mengembangkan tanaman durian. Tanaman buah durian itu selain bisa ditemukan di pekarangan banyak ditanam di ladang warga.

Menurut Mas Dhito, para pecinta durian wajib mampir untuk mencicipi durian Medowo dengan cita rasanya yang khas.

Baca juga:
Doa Mas Dhito Usai Nyoblos di TPS 026 Budaya Cipta Kediri

Selain Medowo, sejumlah daerah di Kabupaten Kediri juga terkenal dengan duriannya. Di antaranya ada Krenceng yang punya ciri khas pahit manis. Ada juga Kanyoran di lereng Gunung Wilis yang tak kalah legit.

"Pecinta durian wajib ke Kediri," tandas Mas Dhito.

(ADV)