Agustusan, Kantor Samsat Blitar Disulap Jadi Museum Motor Jadul

Editor: / Reporter: CF Glorian

Salah satu motor jadul yang dipajang

jatimnow.com - Ada yang berbeda dengan pelayanan Satpas Samsat Satlantas Polres Blitar. Kantor pengurusan STNK yang ada Kelurahan / Kecamatan Wlingi ini mendadak berubah layaknya museum motor jadul.

Beberapa mobil dan motor lawas dipajang di sejumlah ruangan dan di beberapa titik yang ada di Satpas Samsat. Mulai dari Honda CB 100, Honda C70 hingga mobil Jeep Willys 4x4 tahun 1958 buatan Amerika terpampang di sana.

Kasatlantas Polres Blitar AKP Muhammad Amirul Hakim mengatakan, kebijakan ini dilakukan untuk melengkapi suasana jadul yang diciptakan untuk menyambut HUT RI ke 73.

Mobil dan motor jadul ini didapat dari kerjasama antara kepolisian dan masyarakat. Selain motor dan mobil lawas, para petugas juga di wajib menggunakan pakaian adat maupun pakaian jaman dulu.

"Ini sengaja kami lakukan untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Kami ingin menimbulkan kesan bangga kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki sejarah panjang untuk merdeka, sehingga diharapkan bisa menimbulkan semangat meneruskan Kemerdekaan," kata Amirul, Selasa (14/08/2018).

Selain seperti Museum Motor jadul, petugas juga menyediakan sajian makanan tempo dulu yang konon di makan oleh para pejuang untuk merebut kemerdekaan. Ada Kacang rebus, Pisang rebus, jagung rebus dan umbi rebus. Ini didapatkan melalui kerjsama dengan pihak ketiga.

Masyarakat yang membayar pajak kendaraan juga akan mendapatkan bendera dari petugas. Selain Samsat, Satpas SIM juga diberlakukan demikian.

Ia menambahkan, inovasi ini akan dilakukan hingga 18 Agustus 2018 mendatang.

"Kami sudah mulai sejak minggu (12/08/2018) kemarin. Diawali dengan memberikan SIM Gratis pada warga bernama Agus atau yang lahir bulan Agustus. Kami akan lakukan sampai tanggal 18 (agustus 2018) besok," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter