Pixel Codejatimnow.com

Alhamdulillah! Petani Jombang Panen Raya Usai Menanti Dua Tahun

Editor : Rochman Arief  Reporter : Elok Aprianto
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat panen raya padi di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat panen raya padi di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Petani Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang sudah dua tahun mengalami gagal panen. Salah satu penyebnya adalah serangan hama tikus.

Namun pada musim panen tahun ini, petani Desa Carangrejo full senyum, lantaran bisa menikmati panen raya padi.

Kepala Dinas Pertanian Jombang, M. Rony menjelaskan, target panen padi tahun ini sekitar 40.024 hektar. Dari luas lahan itu, petani sanggup menghasilkan 75.000 ton padi, dalam kurun waktu empat bulan.

"Untuk provitas ubinan (sampel lahan pertanian) kita kemarin mencapai 8,4 ton gabah kering panen. Ya, setiap hektarnya sampel ubinan segitu hasilnya," ungkapnya, Sabtu (11/3/2023)

Sedangkan, target sampel ubinan dari Dinas Pertanian Jawa Timur, berkisar di angka 6,22 ton gabah kering giling.

"Jumlah ini otomatis akan memenuhi target panen raya padi di Jatim," paparnya.

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan panen raya padi pada tahun sebelumnya, angka ini mengalami kenaikan, di kisaran 20 persen.

Baca juga:
Polres Jombang Gilas Ribuan Botol Miras

Dijelaskan sebelumnya jika petani di Desa Carangrejo ini selama dua tahun gagal panen, akibat serangan hama tikus. Sejauh ini tikus tersebut sulit dimusnahkan.

Namun demikian, Pemkab Jombang telah bekerja sama dengan semnua pihak yang meliputi petani, TNI, Polri dan steakholder terkait.

"Kata kuncinya kemarin mengendalikan hama tikus ini adalah kebersamaan. Kebersamaan dari dua desa ditambah seluruh aparat dari kepolisian, TNI, anak sekolah semuanya terlibat. Termasuk dari perusahaan-perusahaan seperti MHI, ini terlibat langsung," paparnya.

Selain itu ia mengaku saat ini harga gabah kering panen, juga mengalami peningkatan. Menurutnya, harga GKP mengikuti harga pasar, dengan combin mencapai Rp 5.400.

Baca juga:
Ratusan Personel Ikuti Apel Operasi Ketupat Semeru di Polres Jombang

Sementara itu, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan masyarakat khususnya petani di Jombang mulai melakukan panen raya padi.

"Tahun ini masyarakat banyak yang menikmati panen raya padi. Dan hari ini di Desa Carangrejo. Petani Desa Carangrejo sudah dua tahun tidak panen, sekarang baru panen raya padi, ya ini ada peningkatan," paparnya.

Kegiatan panen raya di Desa Carangrejo ini merupakan agenda panen raya padi Nusantara dengan presiden. Ia menjelaskan jika Presiden Joko Widodo tengah mengikuti panen raya di Ngawi.