Pixel Codejatimnow.com

UNS Tetapkan 13 Alumni Berprestasi, Direktur Pelindo Masuk Jajaran

Editor : Rochman Arief  Reporter : Zain Ahmad
Rektor UNS, Jamal Wiwoho, memberikan sambutan dalam rangka Dies Natalis ke-47. (foto: SPTP for jatimnow.com)
Rektor UNS, Jamal Wiwoho, memberikan sambutan dalam rangka Dies Natalis ke-47. (foto: SPTP for jatimnow.com)

jatimnow.com - Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo memberikan penghargaan kepada 13 alumni yang dinilai berprestasi dan memberikan kontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian acara sidang terbuka senat akademik pada peringatan Dies Natalis ke-47 UNS.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, yang memimpin acara ini, mengatakan para alumni berprestasi mewakili setiap fakultas yang ada di UNS. Pemilihan alumni dilakukan para juri dari setiap fakultas, yang didasarkan pada beberapa kriteria.

Kiprah dan kontribusi para alumni dalam pengabdian kepada masyarakat melalui profesi masing-masing, menjadi indikator utama pemilihan alumni berprestasi.

"Para alumni berprestasi ini telah menunjukkan kiprahnya baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Mereka turut berkontribusi dalam menjadikan UNS sebagai universitas yang bertaraf internasional," kata Jamal, dalam keterangan resminya, Sabtu (11/3/2023).

Sebagai universitas yang menyandang predikat Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), Jamal menyebut UNS memiliki tantangan berat untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diamanatkan.

Pihaknya berharap agar para alumni memiliki rasa bangga terhadap almamater. Dengan demikian akan tercipta kolaborasi antara kampus dengan para alumni yang disebut oleh rektor sebagai tiang peyangga keberhasilan UNS menjadi universitas yang terdepan dalam prestasi.

DirekturSDM Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto. (foto: dok jatimnow.com)DirekturSDM Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto. (foto: dok jatimnow.com)

"Kami berharap para alumni terus melakukan kegiatan produktif dengan karya terbaik dan memiliki rasa kebanggaan dalam kemajuan UNS," ucapnya.

Baca juga:
Pelindo Rombak Jajaran Direksi Subholding Peti Kemas, Ini Nama-namanya

Ke-13 alumni berprestasi UNS tahun 2023 datang dari beragam latar belakang dan profesi. Salah satunya adalah Edi Priyanto yang merupakan lulusan D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja UNS tahun 1995.

Dia terpilih sebagai alumni berprestasi atas kiprahnya di dunia Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Saat ini Edi merupakan Wakil Ketua Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (DK3) Provinsi Jawa Timur.

Atas kiprahnya di dunia K3, beberapa penghargaan pernah diraihnya. Sebut saja penghargaan kategori “Concerned Citizen Award” dari World Safety Organization (WSO) dan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai tokoh pemerhati K3 di Jawa Timur. Edi juga menginisiasi dan mendorong dilakukannya identifikasi bahaya dan penilaian risiko pada kerja jurnalis.

Selain K3, Edi dikenal sebagai sosok pegiat lingkungan atas kepeduliannya dalam pengelolaan sampah di masyarakat. Pada tahun 2017, dia menginisiasi berdirinya Kampung Edukasi Sampah yang dijadikan sebuah role model bagi warga RT dan RW.

Baca juga:
Begini Cara Pelindo Kenalkan Bongkar Muat Pelabuhan di Solo

Termasuk kepada serta siswa sekolah adiwiyata dalam melakukan studi dan praktik pemilahan dan pengolahan sampah serta pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan. Edi juga menggerakkan RT dan RW untuk melakukan perubahan masyarakat dengan tulisan dalam sebuah buku yang berjudul “Lokal Hero : RT dan RW Pemimpin Perubahan Masyarakat”.

Atas dedikasi dan inovasi cerdasnya saat menjabat Ketua RT, Edi dinobatkan sebagai tokoh inspiratif versi tokohinspiratif.id pada 2016 lalu.

Sebagai seorang profesional, pria asal Klaten, Jawa Tengah tersebut merupakan salah satu talenta BUMN yang menjabat sejumlah posisi penting antara lain Direktur SDM PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) tahun 2020-2021, Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas (2021-2023) dan sebagai Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal sejak 1 Maret 2023. Semasa kuliah Edi pernah mendapatkan beasiswa pendidikan dan menjadi Ketua Kelompok Mahasiswa dan keanggotaan di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

"Saya merasa bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh UNS, semoga dapat menambah motivasi saya dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara," kata Edi.