Pixel Codejatimnow.com

Perhatikan! Bromo Bakal Ditutup, Jangan Lewatkan Jadwalnya

Editor : Rochman Arief  Reporter : Achmad Titan
Kawasan wisata Gunung Bromo. (Tangkapan layar IG : Infowisatagunungbromo)
Kawasan wisata Gunung Bromo. (Tangkapan layar IG : Infowisatagunungbromo)

jatimnow.com - Kawasan Gunung Bromo bakal ditutup selama dua hari. Penutupan ini dikarenakan adanya kegiatan selama dua hari yakni pada 22-23 Maret.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Hendro Widjanarko mengatakan, penutupan telah ditetapkan untuk menghormati warga setempat. Adanya aktivitas yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, sehingga semua kegiatan wisata ditiadakan.

"Itu merupakan bentuk menghormati saudara kita yang menunaikan Hari Raya Nyepi. Terlebih masyarakat di Bromo dan sekitarnya, mayoritas pemeluk Hindu," ujarnya, Selasa (14/3/2023).

Baca juga:
Gunung Batok di Kawasan Bromo Terbakar, Pemadaman Manual

Kebijakan tersebut tertuang dalam Pengumuman Nomor: PG.01/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2023 tentang Penutupan Kegiatan Wisata Bromo pada Hari Raya Nyepi Tahun 2023 tertanggal 10 Maret 2023.

Selain itu, memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor 288/Pem/PHDI-KAB/III/2023 tertanggal 2 Maret 2023.

Baca juga:
5 Rekomendasi Wisata Alam Eksotis di Probolinggo, Selain Bromo dan Madakaripura

"Penutupan itu dilakukan di beberapa titik seperti Kabupaten Pasuruan di Desa Wonokitri, lalu Kabupaten Probolinggo di Desa Wonokerto dan Desa Sukapura. Kemudian Kabupaten Malang di Kecamatan Poncokusumo," pungkasnya.