Catat! Ini Modus Baru Pembobolan Rumah Mewah di Surabaya

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Riswanto (tengah) saat digelandang ke Mapolsek Wiyung Surabaya

jatimnow.com - Seribu cara dipakai para pelaku kejahatan di Surabaya. Salah satu cara unik dipakai Riswanto (42) warga Jalan Simomulyo Surabaya. Dengan berpura-pura kelelahan setelah jauh berjalan kaki, dia minta minum ke rumah calon korban. Padahal, cara itu hanya untuk mencari celah membobol rumah tersebut.

Cara yang dipakai Riswanto itu ternyata cukup jitu. Bayangkan saja, dia tercatat sudah membobol 7 rumah. Terakhir, dia membobol sebuah rumah mewah di Perum Darmo Santosa Raya C-9 Surabaya. Tapi, aksi ke tujuhnya itu, justru membawanya ke penjara. Sebab, dirinya tertangkap oleh Unit Reskrim Polsek Wiyung.

"Identitas dia (Riswanto, red) terungkap setelah tim kami mempelajari rekaman CCTV yang berhasil merekam aksinya," ungkap Kapolsek Wiyung, Kompol Rasyad, Selasa (14/8/2018).

Dari rekaman CCTV yang didapat, Riswanto mencari sasaran rumah mewah yang hanya ditinggali oleh pembantu rumah tangga. Dengan berpura-pura meminta minum, Riswanto mempelajari situasi rumah yang menjadi sasarannya.

"Setelah menemukan celah, dia memanjat pohon yang berdekatan dengan tembok pagar rumah untuk masuk ke area rumah," beber Rasyad.

Dan dalam pemeriksaan terungkap bahwa sebelum melakukan pembobolan, Riswanto sudah menyiapkan sejumlah alat yaitu obeng dan besi beton neser untuk membuka paksa pintu rumah.

"Dia juga membawa celurit untuk berjaga-jaga," sambung Rasyad.

Selain menjebloskan Riswanto ke penjara, penyidik Unit Reskrim Polsek Wiyung juga mengungkap apa saja yang berhasil dicuri Riswanto pada aksi ke tujuhnya itu. Antara lain 2 unit HP, emas dan uang tunai sebesar Rp 2 Juta. Tapi uang itu habis untuk modal judi merpati di kawasan Simo.

Reporter : Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto
 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter