Pixel Codejatimnow.com

Mobil Ga Kuat Nanjak di Jalur Klemuk? Tenang, ada "To Ganjel To Ganjel Tooo!"

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Achmad Titan
Pengganjal mobil yang dibuat oleh warga Songgoriti. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Pengganjal mobil yang dibuat oleh warga Songgoriti. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bantu pengendara dan mencegah kecelakaan lalu lintas di jalur Klemuk warga Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu membuat balok pengganjal bagi kendaraan roda 4.

Dengan tulisan 'To Ganjel To Ganjel Tooo!' warga menempatkan pengganjal yang terbuat dari kayu di sisi kiri dari arah Kota Batu menuju Kabupaten Malang melewati Pujon.

Ide warga cukup kretif dan bermanfaat, terlebih memang di sana jalannya dikenal cukup curam. Selain ganjal warga juga membuat jalur penyelamat secara swadaya.

Ketua RT 1 Songgoriti, Wiwin Pranoto mengatakan kayu ganjal itu dipasang tepat di tanjakan paling curam di Jalur Klemuk.

"Warga memang menyediakan untuk masyarakat umum yang kendaraannya tidak kuat nanjak,” kata Wewe sapaanya, Minggu (19/3/2023).

Baca juga:
Dinas Pendidikan Kota Batu Gelontor Rp13 Miliar untuk Bosda 2024

Alasan memilih tulisan ‘to ganjel to ganjel too’ karena beberapa waktu lalu suara tersebut viral di media sosial saat sopir truk meminta kernetnya menganjal kendaraannya waktu tidak kuat menanjak.

“Harapan saya semoga ini dapat bermanfaat bagi pengguna jalan yang melintas," jelasnya.

Baca juga:
Bawaslu Kota Batu Minta Keterangan 3 Orang soal Dugaan Money Politic

Di tempat yang sama, salah satu pengendara Titan Juhan mengaku dengan ganjal ini cukup bermanfaat sebab dirinya sering kali melihat kendaraan roda 4 tidak kuat menanjak dan sopir serta penumpang kebingungan mencari ganjal.

"Dengan adanya ganjal ini tentu mempermudah pengendara bila sewaktu-waktu ada masalah ketika naik ke arah Pujon," ujarnya.