Pixel Codejatimnow.com

Gedung FK Untag Surabaya Mulai Dibangun, Siap Cetak Dokter Patriotik

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Farizal Tito
Bambang DH saat peletakan batu pertama FK Untag Surabaya (Foto: FahrizalTito/jatimnow.com)
Bambang DH saat peletakan batu pertama FK Untag Surabaya (Foto: FahrizalTito/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pengurus Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya dan Rektor Untag Surabaya meletakan batu pertama Gedung Fakultas Kedokteran (FK) Untag Surabaya, di Gedung N dan P (lapangan parkir timur), Selasa (21/3/2023).

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung FK Untag Surabaya dilakukan oleh Pembina YPTA Surabaya, Ketua YPTA Surabaya, Sekretaris YPTA Surabaya, Bendahara YPTA Surabaya, dan Rektor Untag Surabaya.

Dari pantauan di lokasi secara simbolis Rektor Untag Surabaya Prof Mulyanto Nugroho dan para pengurus YPTA kemudian mengambil satu cetok semen kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama sebagai pertanda pembangunan Gedung FK Untag Surabaya akan dimulai.

Pembina YPTA Surabaya Bambang DH mengatakan pembangunan gedung yang akan digunakan untuk aktivitas perkuliahan Fakultas Kedokteran itu terselesaikan kurun waktu 1 hingga 2 tahun tahun kedepan.

"Dalam tahap pertama adalah renovasi dan revitalisasi bangunan Gedung N dan P, dilanjutkan persiapan laboratorium beserta isinya, dan terakhir penyesuaian landscape bangunan Untag Surabaya dengan tujuan menyelaraskan harmonisasi pembangunan gedung akan tetap terjamin sesuai dengan rencana induk (awal)," ungkap Bambang DH.

Terkait pendirian FK Untag Surabaya itu sebagai implementasi dalam menyambut imbauan pemerintah sebagai upaya memperbaiki rasio di bidang kesehatan.

Baca juga:
Melihat Tampang Garang dan Klasik Motor Listrik Molindo di IIMS Surabaya

“Pemerintah secara umum ingin memperbaiki upaya di bidang kesehatan, hal ini FK Untag Surabaya menyambut himbauan pemerintah. Akreditasi Unggul Untag Surabaya juga menjadi penunjang dalam memperbaiki rasio, sehingga pemerintahan menyambut positif respon Untag Surabaya,” ungkap Bambang.

Dalam kesempatan yang sama Ketua YPTA Surabaya, J. Subekti., SH., MM, mengatakan nantinya pendirian pendidikan fakultas kedokteran Untag Surabaya ini akan memiliki ciri khas tersendiri yaitu menjunjung tinggi jiwa patriotik.

“Ciri khas Fakultas Kedokteran Untag Surabaya adalah mendidik karakter dokter berjiwa patriotik dan nantinya mampu mengisi kekosongan-kekosongan dokter, khususnya di daerah timur yang saat ini masih kekurangan dokter,” ungkap J Subekti.

Baca juga:
Hak Suara Napi dan Pekerja Mall di Surabaya pada Pemilu 2024 Terancam Hilang

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, menjelaskan pihaknya saat itu selagi mengurus izin pendirian juga telah menyiapkan 26 dosen FK Untag Surabaya yang nantinya akan membawa program pendidikan profesi tersebut dapat lebih baik lagi.

“Terdapat 2 prodi pada FK Untag Surabaya nantinya, yaitu Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Kedokteran. Sumber Daya Manusia (SDM) kita sudah siap sejak 5 tahun lalu, Dosen Kedokteran berjumlah 26 dosen spesialis," bebernya.

"Semoga nantinya Untag Surabaya dapat memiliki rumah sakit pendidikan Kedokteran Untag Surabaya. Kita harus tetap bersinergi untuk memajukan Untag Surabaya, semoga Untag Surabaya semakin jaya,” tandas Mulyanto.